Find Us On Social Media :

Berani Kirim Balik 4 Kontainer Sampah ke Kanada, Menteri Susi Apresiasi Bea Cukai Tanjung Perak

By Nieko Octavi Septiana, Sabtu, 15 Juni 2019 | 17:30 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti apresiasi Bea Cukai Tanjung Perak yang kembalikan 4 kontainer sampah ke Kanada.

Intisari-Online.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti mengapresiasi keberanian pihak Bea Cukai Tanjung Perak Surabaya untuk mengembalikan 4 kontainer sampah selundupan ke Kanada.

Seperti dikutip dari CNN (13/6/2019), Kantor Bea Cukai Tanjung Perak Surabaya berhasil mengamankan 4 Kontainer Asal Kanada yang menyelundupkan sampah ke Indonesia.

Hal ini merupakan suatu langkah yang baik, karena penyelundupan sampah termasuk pelanggaran undang-undang dan hal yang sulit dideteksi.

Pasalnya, dalam manifest disebutkan bahwa 4 kontainer tersebut berisi bahan baku kertas bekas yang diimpor oleh sebuah perusahaan di Gresik, Jawa Timur.

Baca Juga: Empat Tahun Bertugas, Menteri Susi Selamatkan Uang Negara Hingga Rp9,3 Triliun dan Tingkatkan Pajak Rp1,2 Triliun

Impor kertas bekas juga sudah memenuhi persyaratan dan mencantumkan laporan surveyor serta memenuhi persyaratan impor, sehingga normalnya tidak akan dilakukan pemeriksaan fisik sehingga penyelundupan seperti ini akan sulit dideteksi.