Find Us On Social Media :

Benarkah Minum Kopi 25 Gelas Sehari Masih Bisa Bikin Pembuluh Darah Kaku?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 6 Juni 2019 | 12:30 WIB

Ilustrasi kopi.

Intisari-Online.com – Banyak yang mengatakan bahwa minum kopi sebanyak tiga cangkir masih oke-oke saja untuk kesehatan tubuh.

Ya, jumlah konsumsi kopi dalam sehari masih saja terus menjadi perbincangan di banyak kalangan.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa 25 cangkir kopi dalam sehari masih dianggap sebagai jumlah moderat dan tidak mengganggu kesehatan.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari William Harvey Research Institute, Queen Mary University.

Baca Juga: Studi: Minum Kopi 3 Hingga 8 Cangkir Bisa Bikin Panjang Umur

Penelitian disampaikan Senin kemarin pada konferensi British Cardiovascular Society (BCS) di Manchester and sebagian didanai oleh British Heart Foundation (BHF).

Jumlah 25 cangkir per hari dianggap tidak akan membuat pembuluh arteri kaku.

Dr. Kenneth Fung, yang memimpin analisa data untuk riset tersebut menjelaskan, walaupun popularitas kopi di seluruh dunia sudah tak lagi dipertanyakan, sejumlah penelitian bisa menghalangi para penikmat kopi untuk menikmati minuman kesukaannya.

"Meskipun kami tidak bisa membuktikan hubungan sebab-akibat dari studi ini, penelitian kami mengindikasikan, kopi tidak berbahaya bagi pembuluh arteri seperti yang sejumlah studi katakan," kata Fung.

Baca Juga: Sempat Heboh, Faktanya Minum Kopi Saat Hamil Tidak Sebabkan Leukemia Seperti yang Diderita oleh Ibu Ani Yudhoyono

Penelitian dilakukan terhadap 8.000 partisipan dari Inggris. Partisipan dibagi menjadi tiga kelompok, sesuai dengan kemampuan konsumsi kopi mereka.

Meskipun penelitian tersebut mengatakan ada kelompok orang yang menganggap kopi hingga 25 cangkir sehari masih dalam jumlah rata-rata.