Find Us On Social Media :

Kebrutalannya Tersohor di Lautan, Inilah Ratu Bajak Laut yang Intimidatif pada Abad ke-16

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 2 Juni 2019 | 03:00 WIB

Ratu Bajak Laut Abad ke-16, Grace O'Malley dari Irlandia

Intisari-Online.com - Grace O'Malley adalah Ratu Umaill, kepala suku klan O Maille, seorang pemberontak, pelaut, dan pemimpin yang tak kenal takut.

Dia juga menantang politik yang bergejolak di Inggris dan Irlandia abad ke-16.

Sementara legenda Irlandia telah mengabadikan Grace sebagai wanita pemberani emansipatif yang memperjuangkan kemerdakaan Irlandia, tidak dengan pandangan Inggris.

Sebaliknya, Inggris menganggapnya sebagai bajak laut brutal dan pencuri tukang intimidasi dan menjarah di kawasan garis pantai.

Baca Juga: Ani Yudhoyono Meninggal Dunia: Berikut Kenangan Foto-foto Jadul Ani Yudhoyono dari Masa ke Masa

Grace O'Malley lahir di Irlandia sekitar tahun 1530 sebagai putri bangsawan kaya dan pedagang laut Owen O'Malley.

Pada masa ketika Irlandia diperintah oleh puluhan kepala suku setempat, Grace memerintah ratusan pria dan sekitar 20 kapal dalam penggerebekan terhadap klan saingan dan kapal dagang.

Tak hanya itu, Grace juga berbenturan dengan pejabat pemerintah, yang berulang kali berupaya untuk membatasi aktivitasnya.

Kapal-kapalnya akan berhenti dan naik ke kapal-kapal pedagang untuk meminta uang tunai atau sebagian dari barang untuk imbalan bagi perjalanan yang aman.

Baca Juga: Ani Yudhoyono Tak Sadarkan Diri: Makanan-makanan Kesukaan Banyak Orang Ini Bisa Picu Leukemia, Salah Satunya Daging Olahan