Find Us On Social Media :

Ingin Meningkatkan Kecerdasan Bayi Anda? Sering-seringlah Ajak Mereka Bicara

By Nieko Octavi Septiana, Rabu, 22 Mei 2019 | 03:30 WIB

Ingin Meningkatkan Kecerdasan Bayi Anda? Sering-seringlah Ajak Mereka Bicara

Intisari-Online.com - Setiap orang tua ingin agar anaknya tumbuh cerdas. Selain diberi makanan yang bergizi, pola asuh juga berpengaruh pada kecerdasan anak.

Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah mengajak mereka berbicara.

Dilansir dari Healthline, penelitian baru menemukan orang tua yang sering berbicara dengan balita tidak hanya membantu meningkatkan kosakata anak mereka, tetapi mereka juga memberikan kemampuan nonverbal.

Banyak yang telah dibuat dari kesenjangan 30 juta kata dalam hampir 40 tahun sejak penelitian asli disajikan. Hasilnya menetapkan bahwa anak-anak yang lahir dalam 'kemiskinan' mendengar, rata-rata, memiliki 30 juta kata lebih sedikit pada ulang tahun ketiga mereka daripada teman sebaya mereka yang sering mendengar.

Baca Juga: Tak Bisa Diam dan Gemar Lompat-lompat, Itu Pertanda Anak Anda Punya Kecerdasan Kinestetik Tinggi

Temuan-temuan dari studi yang relatif kecil ini terbukti kontroversial selama bertahun-tahun, dengan klaim bias rasial dan studi-studi berikutnya gagal mereplikasi hasilnya.

Tetapi satu hal yang disetujui oleh semua orang yang terlibat adalah bahwa jumlah kata yang didengar seorang anak usia dini, menemukan bahwa perbedaan yang dibuat mungkin bahkan lebih signifikan daripada yang diyakini sebelumnya.

Para peneliti dari University of York telah menemukan bahwa jumlah kata yang didengar seorang anak tidak hanya meningkatkan perbendaharaan kosa kata dan bahasa mereka, tetapi juga dapat berkontribusi pada pengembangan kemampuan nonverbal seperti penalaran, pemahaman numerik, dan bentuk kesadaran.

Apa yang para peneliti temukan adalah hubungan positif antara kemampuan kognitif dan kualitas bicara anak yang didengar (berdasarkan jumlah kata dan keragaman leksikal).

Baca Juga: Bukan Dari Ayah, Kecerdasan Anak Ternyata Diturunkan dari Ibu