Find Us On Social Media :

Ketika Suhu di Dataran Tinggi Dieng Capai Minus 1 Derajat Celsius, Embun Membeku Jadi Es!

By Mentari DP, Minggu, 19 Mei 2019 | 14:30 WIB

Ketika suhu di Dataran Tinggi Dieng capai minus 1 derajat celsius.

Intisari-Online.com – Masih ingat ketika Dataran Tinggi Dieng membeku layaknya Eropa di musim dingin?

Kejadian tersebut terjadi pada Rabu (25/7/2018) di mana suhu udara di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, dilaporkan mencapai minus 1 derajat celcius.

Bahkan di beberapa titik mencapai minus 5 derajat celcius.

Alhasil, seluruh Dataran Tinggi Dieng diselimuti salju layaknya Eropa di musim dingin.

Baca Juga: Uang YouTube Bisa Lunasi Biaya Persalinan Anak Raditya Dika: Bagaimana Bisa Menghasilkan Uang dari Youtube?

Nah, fenomena embun yang membeku menjadi es kembali muncul di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019) pagi.

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, fenomena tersebut terlihat di kompleks Candi Arjuna, tepatnya di lapangan sebelah timur candi sekitar pukul 06.00 WIB.

"Tadi pagi muncul, saya ke lapangan candi pukul 06.00 WIB ternyata ada esnya, tidak terlalu luas, hanya selapangan.”

“Saya lihatnya hanya di lapangan, enggak lihat di tempat lain, di candinya malah enggak ada," kata Aryadi saat dihubungi, Sabtu (18/5/2019).

Aryadi mengatakan, fenomena tersebut terjadi karena suhu udara di kawasan yang berada di ketinggian 2.090 tersebut tadi pagi mencapai minus 1 derajat celsius.

"Biasanya embun membeku saat 0 derajat, kebetulan tadi pagi minus, mungkin pukul 03.00 WIB atau 04.00 WIB suhunya di bawah 1 derajat celsius," ujar Aryadi.

Aryadi mengatakan fenomena yang biasa disebut warga setempat bun upas itu hampir terjadi setiap tahun, khususnya saat memasuki musim kemarau.

Baca Juga: Siswa 19 Tahun Asal Tangerang Jadi Buronan Dunia Karena Lakukan Ini, yang Menangkapnya Dapat Imbalan Rp4,3 juta!