Find Us On Social Media :

Akibat 'Serangan' Burung Saat Lepas Landas, Jet Tempur F-15 AS Rugi Hingga Rp28 Miliar

By Tatik Ariyani, Jumat, 17 Mei 2019 | 10:30 WIB

F-35

Intisari-Online.com - Sebuah jet tempur F-35 milik Korps Marinir Amerika Serikat (AS) dilaporkan mengalami sebuah insiden saat lepas landas.

Akibat hal tersebut, terjadi kerusakan yang membuat kerugian hingga jutaan dollar.

Dalam keterangan tertulis dikutip AFP Kamis (16/5/2019), Korps Marinir menyatakan F-35 varian B awalnya hendak lepas landas dari Pangkalan Iwakuni, Jepang.

"Fase lepas landas dari jet tempur F-35B Marine Aircraft Wing harus dibatalkan pada 7 Mei 2019 setelah terjadi serangan burung," ujar juru bicara Mayor Eric Flanagan.

Baca Juga : Makan 2 Buah Pisang Setiap Hari, Tubuh Akan Rasakan 7 Manfaat Hebat Ini

Mayor Flanagan menjelaskan, pesawat itu kemudian berada di landasan pacu dengan aman selepas insiden. Adapun pilot dilaporkan tidak terluka.

Kepada Marine Corps Times, Flanagan menuturkan saat ini insiden itu tengah diinvestigasi dengan laporan penilaian kerusakan sedang dirampungkan.

Namun dia mengatakan, insiden itu diklasifikan sebagai kerusakan Level A, di mana Marinir mengalami kerugian hingga 2 juta dollar AS, atau sekitar Rp28,9 miliar.

Ini merupakan insiden Level A yang dialami Korps Marinir kurang dari sepekan setelah pada 3 Mei jet tempur F/A-18 milik Pangkalan Mountain Home, Idaho, harus mendarat darurat.

Baca Juga : Waduh, Ternyata Sabun Antibakteri Justru Dapat Picu Kanker, Ini 5 Zat Berbahaya yang Jadi Penyebabnya