Find Us On Social Media :

Indonesia Jadi Presiden Dewan Keamanan PBB, Peserta Sidang PBB Kompak Pakai Batik, Termasuk Sekjen PBB

By Ade S, Rabu, 8 Mei 2019 | 16:30 WIB

 

Intisari-Online.com - Terpilihnya Indonesia sebagai Presiden Dewan Keamanan Peserikatan Bangsa-bangsa membawa suasana unik sendiri di markas besar PBB di New York.

Sidang DK PBB yang berlangsung pada Selasa (7/5/2019) diwarnai oleh nuansa batik yang sangat kental.

Sebab, dalam pertemuan Debat Terbuka (Open Debate) para delegasi dewan keamanan yang berasal dari seluruh dunia kompak mengenakan batik.

Semua mengenakan berbagai motif batik maupun tenun. Tak terkecuali Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang mengenakan motif tenun troso cerah.

Baca Juga : Tepat pada 1 Mei Besok, Indonesia akan Menjabat Sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, dipilihnya batik sebagai dress code sidang DK PBB merupakan bentuk penghormatan bagi Indonesia yang menjadi presiden untuk Mei.

Berbagai batik yang dikenakan delegasi dewan keamanan dalam pertemuan Selasa merupakan koleksi pribadi mereka masing-masing.

Para delegasi itu mengoleksi batik tidak hanya melalui pemberian para diplomat Indonesia atau saat mereka menjadi ketua delegasi dalam konferensi di Indonesia. Ada juga yang memutuskan membeli sendiri ketika berkunjung ke Indonesia.

Selain Guterres, delegasi lain yang mengenakan batik adalah Amerika Serikat (AS), Jerman, Pantai Gading, Perancis, Perus, Republik Dominika, maupun China.

Baca Juga : Hati-hati, Beredar Berita Bohong Sebut 'Antara' Beritakan Sekjen PBB Ucapkan Selamat atas Kemenangan Prabowo