Find Us On Social Media :

Anak Anda Sering Memukul Ibunya? Jangan Hanya Diam! Ini Akibat Jika Anak Sering Memukul Ibunya

By Mentari DP, Selasa, 30 April 2019 | 21:30 WIB

Jangan hanya diam ketika anak Anda sering memukul ibunya.

Intisari-Online.com – Pernah Anda sebagai orangtua mengalami hal berikut ini:

Tiba-tiba, anak Anda menjadi kesal dan untuk menunjukkan rasa kesalnya, si anak memukul ibunya.

Namun karena sedang berada di tempat umum atau tidak ingin membuat Anda bertambah kesal, ibu justru diam saja saat dia dipukuli.

Jika Anda mengalami hal di atas atau melihat hal di atas terjadi, maka Anda harus melarang anak melakukannya.

Baca Juga : Masih Ingat Pemuda 19 Tahun yang Retas Situs KPU Hanya dari Warnet? Ini Kabar Terbarunya

Hal ini karena orangtua tidak menyadari bahwa jika ia tidak bersikap tegas ketika anak memukul ibunya, berarti secara tidak langsung ia mengajarkan perilaku tersebut diperbolehkan.

“Anak akan menganggap bahwa ia boleh melakukan hal tersebut,” kata Endang Fourianalistyawati, MPsi, dosen dan psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas YARSI Jakarta seperti dilansir dari nakita.grid.id pada Selasa (30/4/2019).

“Karena dari orangtualah anak-anak belajar mengenai perilaku yang dapat diterima dan tidak dapat diterima oleh masyarakat.”

Jika perilaku anak memukul ibu dibiarkan, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang kasar, suka mem-bully, bahkan menjadi anak yang tidak bisa diatur.

“Dalam perkembangannya, ia mungkin menjadi anak yang kerap melakukan kenakalan karena emosinya mudah tersulut saat keinginannya tidak tercapai dan sejak kecil tidak diajarkan bagaimana meregulasi emosi dengan baik, agar tidak bertindak semena-mena,” papar Endang lagi.

Baca Juga : Tak Hanya Jadi Bumbu Masakan, Belimbing Wuluh Juga Bisa Atasi 7 Penyakit Ini Lho, Salah Satunya Sembuhkan Alergi