Find Us On Social Media :

Kim Jong Un Uji Senjata Canggih Baru dan Kunjungi Latihan Pertahanan Udara Korut, Apa yang Terjadi?

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 18 April 2019 | 12:30 WIB

Kim Jong Un Uji Senjata Canggih Baru dan Kunjungi Latihan Pertahanan Udara Korut

Intisari-Online.com - Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara, diketahui telah mengawasi uji coba "senjata berpemandu taktis tipe baru."

Berita itu dilaporkan oleh media pemerintah sebagai sinyal ketidaksenangan atas pembicaraan nuklir yang buntu dengan Presiden AS Donald Trump.

Menurut antor Berita Pusat Korea, Kim secara pribadi mengawasi uji coba yang dilakukan oleh Akademi Ilmu Pertahanan pada hari Rabu (17/4/2019) kemarin.

Tidak dijelaskan lebih jauh mengenai mode khusus senjata baru ini, namun disebut-sebut memiliki hulu ledak yang sangat kuat.

Baca Juga : Benarkah Hasil Quick Count pada Pilkada DKI Putaran Kedua Berbanding Terbalik dengan Hasil Resmi KPU?

Hal itu dibuktikan dengan uji coba dengan berbagai mode penembakan pada target yang berbeda.

Sementara deskripsi menunjukkan bahwa senjata itu bukan perangkat nuklir atau rudal balistik antarbenua, tes tersebut mengirim pesan tajam terhadap AS dan sekutunya di Seoul tentang risiko kebuntuan pembicaraan mengenai denuklirisasi.

Trump telah lama membela keputusannya untuk mengadakan dua pertemuan dengan Kim dan ingin agar Korut menghentikan uji coba nuklir.

Seorang pejabat Gedung Putih, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan pemerintah mengetahui laporan itu dan menolak berkomentar lebih lanjut.

Namun, kurangnya detail uji senjata terbaru ini membuat sulit untuk mendeteksi bagaimana tes akan berdampak pada pembicaraan nuklir yang sedang berlangsung.

Baca Juga : Kim Jong-un Perintahkan Warganya Kirim 100 Kg Tinja Per Hari, Apa Sebenarnya Tujuan dari Peraturan Aneh Ini?