Find Us On Social Media :

Ingat! Jangan Pernah Diam Jika Anak Memukuli Orang Tuanya karena Kesal

By Ade S, Kamis, 4 April 2019 | 17:00 WIB

Jangan diam ketika anak pukul ibunya.

Intisari-Online.com - Ketika anak kesal, tidak jarang mereka memilih untuk memukul orang-orang di sekitarnya, termasuk orang tua mereka sendiri.

Lalu apa respons yang biasanya diberikan oleh orang tua ketika mereka dipukul oleh anaknya? Ada yang diam, bahkan ada pula yang justru menertawakannya.

Tentu ada beragam alasan beberapa orang tua untuk memilih diam ketika dipukul oleh anaknya.

Namun yang jelas, menurut pakar, cara tersebut tidak tepat bahkan bisa dikatakan sangat berbahaya bagi perkembangan anak kelak.

Baca Juga : Menurut Dr Reisa, Inilah Rahasia Tingkatkan Kecerdasan Anak Sebelum Usia 5 Tahun

Orangtua tidak menyadari bahwa jika ia tidak bersikap tegas ketika anak memukul ibunya, berarti secara tidak langsung ia mengajarkan perilaku tersebut diperbolehkan.

“Anak akan menganggap bahwa ia boleh melakukan hal tersebut, karena dari orangtualah anak-anak belajar mengenai perilaku yang dapat diterima dan tidak dapat diterima oleh masyarakat,” kata Endang Fourianalistyawati, MPsi, dosen dan psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas YARSI Jakarta.

Jika perilaku anak memukul ibu dibiarkan, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang kasar, suka mem-bully, bahkan menjadi anak yang tidak bisa diatur.

“Dalam perkembangannya, ia mungkin menjadi anak yang kerap melakukan kenakalan karena emosinya mudah tersulut saat keinginannya tidak tercapai dan sejak kecil tidak diajarkan bagaimana meregulasi emosi dengan baik, agar tidak bertindak semena-mena,” papar Endang lagi.

Baca Juga : Studi: Ingin Cepat Punya Anak? Cobalah Berhubungan Intim Dua Kali Dalam Sejam!