Find Us On Social Media :

Jawaban Misteri Mengapa Angka 13 Selalu Dianggap Pembawa Sial

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 14 Maret 2019 | 13:00 WIB

Intisari-Online.com – Meski kita hidup di zaman modern yang sudah menggunakan teknologi canggih, nyatanya masih banyak yang percaya akan mitos-mitos yang ada.

Tidak hanya soal mitos kesehatan, mitos soal nutrisi, mitos soal sayuran atau buah-buahan, bahkan angka pun ada mitosnya.

Mitos mengenai angka yaitu bahwa angka 13 dianggap sebagai angka sial. Kok bisa begitu ya?

Di berbagai negara, seperti China atau Amerika, sebagian besar hotel dan bangunan tak memiliki lantai ketiga belas karena dianggap sebagai kesialan.

Baca Juga : Siapa Sangka 13 Bocah yang ketika Masih Kecil Begitu Lucu Ini saat Besar Menjadi 'Monster' Paling Jahat di Dunia

Bahkan, banyak nomor rumah yang tak memakai angka 13 karena takut penghuni di dalamnya akan bernasib sial.

Ketakutan pada angka 13 ini disebut dengan triskaidekaphobia. Nah, mitos mengenai angka 13 memang diawali oleh banyak insiden yang memicu kepercayaan ini.

Misalnya, peristiwa Apollo 13 yang merupakan hari gagalnya misi pendaratan di bulan oleh negara adidaya Amerika Serikat.

Kegagalan itu disebabkan meledaknya tangki oksigen pada 13 April 1970. Ini membuat kru yang ada di darat dan penerbangan harus melewati sejumlah hari yang intens dan sulit.

Baca Juga : Tidak Selamanya Angka 13 Berarti Sial, Berikut Makna-makna Lainnya

Untungnya para astronot yang terlibat dalam misi itu berhasil selamat. Meski gagal, misi tersebut telah menciptakan sejarah dunia.

Tragedi lainnya adalah Columbia Space Shuttle, yang berangkat ke luar angkasa pada 16 Januari 2003.

Januari adalah bulan pertama dalam perhitungan kalender, jika kita jumlahkan semua angka yang ada, yaitu dua kali angka satu, enam, dua dan tiga, maka akan menghasilkan total 13.