Find Us On Social Media :

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Kita Latihan Berlebihan di Gym

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 9 Maret 2019 | 18:30 WIB

Intisari-Online.com - Olahraga menjadi salah satu pilihan yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar, selain menjaga pola makan. 

Namun, apa yang terjadi bila olahraga yang dilakukan terlalu berlebihan?

Kelelahan otot akibat latihan yang berlebihan atau pengerahan tenaga merusak mekanisme pembelajaran keterampilan motorik di otak, demikian menurut penelitian.

Olahraga yang teratur dapat membuat keajaiban sejauh menyangkut kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga : Diklaim Baik Untuk Anak, Nyatanya DHA Bisa Sebabkan Perdarahan di Kulit Jika Berlebihan

Tetapi ketika Anda terlalu memaksakan diri selama berolahraga atau jika Anda adalah tipe orang yang percaya pada olahraga berlebihan untuk mendapatkan tubuh impian, rasanya ini adalah berita buruk untuk Anda.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam ANI mengatakan bahwa olahraga di luar kelelahan atau kelelahan otot, yang disebabkan terlalu banyak tenaga saat berlatih suatu keterampilan, dapat mempengaruhi dan mengganggu pembelajaran sesudahnya.

Sebagian pembelajaran melibatkan pengulangan keterampilan motorik, tetapi kelelahan akhirnya mulai menurunkan kemampuan kita untuk melakukan itu, demikian menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of eLife, seperti dilansir dari thehealthsite.

Berlebihan tenaga yang dikeluarkan memiliki banyak efek kesehatan yang merugikan. Beberapa di antaranya adalah:

Kerusakan pada lutut

Sebuah penelitian oleh University of California – San Francisco (UCSF) menyatakan bahwa aktivitas fisik tingkat tinggi dapat mempercepat kerusakan tulang rawan lutut di kalangan setengah baya.

Makanya, berlatihlah sesuai porsi yang sudah ditentukan dan jangan berlebihan.

Baca Juga : Sekadar Mengingatkan, Perilaku Selfie Berlebihan Tergolong Sebagai Kelainan Mental