Find Us On Social Media :

Ribuan Orang Antre Donorkan Sel Induk Untuk Bocah Penderita Kanker, Bukti Orang Baik Masih Banyak

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 5 Maret 2019 | 20:30 WIB

Intisari-Online.com – Ribuan orang mencoba untuk menjadi donor sel punca dalam upaya memecahkan rekor untuk menyelamatkan nyawa seorang bocah laki-laki berusia lima tahun yang menderita kanker.

Oscar Saxelby-Lee, dari Worcester, menginspirasi 4.855 orang untuk melakukan tes pada akhir pekan apakah mereka cocok untuk mendoronorkan sel induknya.

Dokter mengatakan bahwa Oscar hanya memiliki waktu tiga bulan untuk menemukan donor dari mereka untuk mengambil sel darah demi mengobati leukemia limfoblastik akut (ALL).

Oscar sudah menjalani kemoterapi sejak didiagnosis pada bulan Desember, tetapi tetap membutuhkan perawatan yang lebih agresif untuk mengatasi penyakitnya itu.

Baca Juga : Sel Punca, Faktor Penting Penentu Penyembuhan

Orangtua Oscar pertama kali merasa prihatin ketika mereka melihat memar yang tidak dapat dijelaskan pada tubuh putra mereka, dan mereka pun diberitahu bahwa anak laki-lakinya itu menderita ALL.

Keluarga itu kini berpacu dengan waktu untuk menemukan seseorang yang dapat menyumbangkan sel induk darah.

Mereka mengatakan peluang untuk bertahan hidup Oscar akan ‘sangat berkurang’ jika donor tidak ditemukan dalam waktu tiga bulan.

Dan kerumunan orang pun datang ke sebuah acara di Pitmaston Primary School di Worcester, tempat Oscar bersekolah, untuk melihat apakah mereka bisa menjadi donor yang cocok.

Baca Juga : Menumbuhkan hati dari sel punca

Badan amal yang menjadi penguji, DKMS, mengatakan rekor sebelumnya untuk satu acara adalah 2.200 orang, yang berarti Oscar lebih dari dua kali lipatnya.

ALL adalah penyakti langka dan hanya menyerang sekitar 650 orang di Inggris setiap tahun, sekitar setengahnya adalah anak-anak.

Penyakit ini adalah kanker agresif yang tumbuh cepat yang menyebabkan sejumlah besar sel darah putih yang belum berkembang dilepaskan dari sumsum tulang yang sakit.