Find Us On Social Media :

Seperti Apa Kandungan Gizi 'Frozen Food' Jika Dibanding Makanan Segar?

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 12 Februari 2019 | 13:00 WIB

Intisari-Online.com - Beberapa tahun terakhir ini produk frozen food atau makanan yang dibekukan sangat mudah sekali ditemui dan memang banyak juga peminatnya.

Tanpa waktu yang lama, makanan frozen food, seperti nugget, sosis, kentang beku, bahkan buah dan sayur beku dapat disajikan dengan cara mudah dan cepat.

Tak khayal kalau beberapa ibu akan selalu menyediakan frozen food ini di rumahnya untuk bekal sekolah sang anak bahkan bekal kantor.

Tapi benarkah nutrisi yang terkandung dalam frozen food ini dapat menggantikan atau setara dengan makanan segar pada umumnya?

Baca Juga : Beli Cincin Murah, Debra Tak Menyangka 33 Tahun Kemudian Cincin Itu Dihargai hingga Rp13 Miliar, Kok Bisa?

Frozen food seperti daging, ikan, buah, dan sayur beku ternyata memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan makanan segar lainnya.

Seperti hasil penelitian dari University of Minnesota, buah dan sayur ketika melewati pemetikan akan mengalami perubahan kimia seperti cepat membusuk atau rusak.

Bahkan saat melewati proses pencucian, kemungkinan terjadinya penurunan nutrisi pada buah tersebut dan bahkan buah mengalami perubahan rasa dan warna.

Kemudian saat buah dan sayur dikemas serta dibekukan kembali, semua vitamin dan mineral akan ikut membeku sehingga nutrisi masih bertahan di dalamnya.

Baca Juga : Ini 4 Penyakit Menular Seksual Super Baru yang Dikhawatirkan para Ahli

Proses pengemasan biasanya menggunakan mesin vakum untuk menghilangkan udara dan dapat memperpanjang waktu penyimpanan makanan yang didinginkan, dikeringkan dan dibekukan.

Pada daging dan ikan yang dibekukan, nutrisi yang tersimpan hampir sama dengan daging dan ikan segar, namun tekstur dan rasanya akan mengalami perubahan.

Menurut National Center for Food Preservation, pada suhu dingin, bakteri pembusuk tidak berkembang biak dengan sangat cepat yang membantu menjaga kualitas produk makanan.