Find Us On Social Media :

Kenali Gejala Kanker Prostat dan Kanker Organ Intim pada Pria!

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 11 Februari 2019 | 17:30 WIB

 

Intisari-Online.com - Kalau pada wanita adanya potensi kanker serviks, pria juga berpotensi terserang kanker pada bagian kemaluannya yakni kanker prostat dan kanker penis.

Kanker yang dialami pada kemaluan pria ini memang tidak sepopuler kanker serviks pada wanita.

Bagaimana cara mengenali dua jenis kanker tersebut?

Dr. Richard Quek, Senior Consultant-Medical Onclogy dari Parkway Cancer Center (PCC), Singapura menjabarkan untuk kanker prostat yang merupakan tipe kanker yang berjalan lambat bisa muncul tanpa gejala atau tanpa terasa adanya benjolan.

Baca Juga : Anda Akan Dibayar Rp140 Juta Jika Bersedia Tinggal di Kota Terabaikan Ini dan Memiliki Bayi, Berminat?

Namun apabila tidak dilakukan pemeriksaan dini kanker prostat dapat ditandai dengan perubahan pola berkemih misalnya sering kencing saat malam hari, kemudian munculnya darah pada air seni dan nyeri tulang.

“Jika didiamkan semakin tua benjolan semakin bengkak maka dapat menghambat aliran seni, yang dapat menyebabkan infeksi lanjutan,” kata dokter Richard Quek saat ditemui di Sheraton Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Sementara itu untuk kanker penis, Ahli Urologi dari Parkway Hospitals, dr. Poh Beow Kiong menyebutkan gejala yang perlu diperhatikan adalah benjolan, ruam atau lecet yang tidak kunjung sembuh, serta pendarahan pada penis.

Baca Juga : Tak Perlu Jengkel, Istri yang Cerewet Justru Bisa jadi Berkah bagi Kesehatan Pria