Find Us On Social Media :

Lika-liku Tarian Rakyat Israel, dari Simbol Penyatuan hingga Pembebasan

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 27 Januari 2019 | 14:30 WIB

Intisari-Online.com - Pada tahun-tahun sebelum dan sesudah pembentukan negara Yahudi, tarian rakyat Israel muncul sebagai bagian dari upaya sadar untuk meningkatkan budaya rakyat resmi Israel.

Kepercayaan pada saat itu adalah bahwa orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, yang datang dari semua bagian Diaspora, membutuhkan simbol penyatuan untuk meningkatkan identitas nasional mereka.

Selama 60 tahun terakhir, masyarakat Israel telah melihat banyak perubahan, dan hari ini hanya ada sedikit kesepakatan tentang apa artinya menjadi seorang Israel atau apa yang disebut "identitas Israel."

Meskipun mengalami perubahan iklim politik dan sosial, di beberapa kalangan di Israel, tarian rakyat terus berkembang dan menikmati popularitas.

Baca Juga : Yerusalem Punya siapa?Begini Sejarah Yerusalem sejak berdirinya Israel

Masa Depan yang Tidak Pasti

Namun masa depan tarian rakyat Israel tidak pasti.

Fakta bahwa sebagian besar penari rakyat Israel (profesional dan amatir) berusia lebih dari 30 tahun hampir tidak menjanjikan.

Para pecinta tarian rakyat pada umumnya mengungkapkan kekhawatiran bahwa generasi Israel berikutnya lebih menyukai bar dan disko, dengan bentuk-bentuk tarian kontemporer yang menyertainya.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Tak Lagi 100% Gratis, Ini Rincian Biaya yang Harus Ditanggung Peserta Jika Berobat atau Dirawat

Dulu dan Sekarang

Tidak diragukan lagi, tarian rakyat Israel diciptakan untuk alasan Zionis.

Setelah 1948, ketika generasi pertama anak-anak yang lahir di negara Israel mulai menjadi dewasa, masyarakat baru mencari bahan budaya asli untuk disebut miliknya.

Koreografer pertama Israel menciptakan tarian rakyat berdasarkan tradisi yang ada.

Baca Juga : Cinta Abadi Kaum Yahudi untuk Israel: Rela Menjadi Minoritas Asal Tetap Tinggal di Tanah Israel