Find Us On Social Media :

Keindahan Alami di Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

By Afif Khoirul M, Jumat, 25 Januari 2019 | 10:15 WIB

Intisari-online.com – Jika Anda mencari tempat wisata alam yang menyuguhkan keindahan yang memukau, mungkin air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul ini bisa jadi solusinya.

Terletak di desa Wisata Bleberan, kawasan ini menjadi destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Sungai dan air terjun dengan mata air yang jernih, batuan yang tersusun alami, akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Uniknya, lokasi mata air ini berada di Gunung Kidul yang notabene kerap dianggap kawasan tandus.

Baca Juga : Bertamasya Menyintas Waktu ke Zaman Manusia Purba di Sangiran

Keindahan alam air terjun Sri Gethuk seolah menunjukkan ada dunia lain di kawasan Gunung Kidul, selain daerah yang gersang dan deretan pantai yang indah.

Air terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, yang berada di Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk rutenya, paling mudah melalui Yogyakarta, kemudian ke Kecamatan Wonosari, yang dilanjutkan ke Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul.

Jika sudah sampai di Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul, lurus saja sampai bertemu dengan pertigaan Gading, lalu belok kanan menuju arah Playen.

Baca Juga : Pasar Lok Baintain, Pembeli dan Penjual Mesti Mengikuti Aliran Sungai Martapura

Sampai di Playen, Anda bisa menuju ke Kecamatan Palihan, kemudian Anda akan menemukan papan petunjuk ke arah ke lokasi air terjun Sri Gethuk.

Setelah sampai di lokasi, dan parkir kendaraan, Anda masih harus memilih dua jalur untuk mencapai lokasi air terjun Sri Gethuk.

Jalur pertama dengan tracking, yaitu jalan kaki melewati hamparan sawah dengan jarak sekitar 450 meter ditambah melewati anak tangga 96 undakan.