Find Us On Social Media :

Ini 6 Rasa Sakit Perut yang Seharusnya Tak Diabaikan, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Serius

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 24 Januari 2019 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com – Bagi kebanyakan orang, sakit perut adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk sakit perut akibat kebanyakan makan.

Tetapi, di luar ketidaknyamanan itu, ada beberapa bentuk sakit perut yang bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius dan tidak boleh diabaikan.

Bisa sangat sulit untuk mengetahui apakah sakit perut yang Anda rasakan adalah jenis yang akan sembuh sendiri atau perlu ke dokter.

Berikut ini informasi tentang enam jenis sakit perut yang jangan sampai Anda abaikan, seperti dilansir dari huffpost.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Hentikan Sakit Perut dan Sembelit, Tak Perlu Obat!

Rasa sakit yang tidak hilang

Setiap ketidaknyamanan perut kronis - yaitu, nyeri yang terus-menerus atau berulang yang berlangsung tiga bulan atau lebih - memerlukan kunjungan ke dokter atau ahli gizi, kata Liz McMahon, ahli diet terdaftar yang berbasis di Philadelphia.

Ketidaknyamanan semacam ini termasuk gejala seperti diare yang sedang berlangsung, sembelit, sakit setelah makan, merasa kenyang hanya dengan beberapa gigitan makanan, kembung dan gas.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh apa saja mulai dari sindrom iritasi usus besar atau intoleransi laktosa hingga sesuatu yang lebih parah seperti gastroparesis, suatu kondisi di mana perut tidak kosong dengan baik, katanya.

Baca Juga : Sakit Perut di Malam Hari? Segera Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

“Sangat penting untuk menemui dokter untuk mengesampingkan hal yang lebih serius seperti penyakit radang usus atau penyakit celiac, serta hanya untuk mendapatkan diagnosis yang tepat,” kata McMahon.

"Begitu kita tahu apa masalahnya, maka ahli diet yang terdaftar dapat memberikan rekomendasi diet yang tepat."

Nyeri yang disertai mual atau muntah