Find Us On Social Media :

6 Kasus Aneh pada Mata, dari Kornea ‘Meleleh’ Sampai Bola Mata yang Memiliki ‘Rambut’

By Mentari DP, Sabtu, 22 Desember 2018 | 12:00 WIB

 

Intisari-Online.comMata merupakan salah satu organ penting manusia.

Karena dengan mata, kita bisa melihat indahnya dunia.

Hanya saja, seperti bagian organ tubuh manusia lainnya, sering terjadi kecelakaan yang menyebabkan mata kita bermasalah atau mengalami cedera.

Dari yang aneh sampai mengerikan, inilah 6 kasus aneh pada mata seperti dilansir dari Live Science pada Kamis (20/12/2018).

Baca Juga : 'Penjelajah Waktu’ Ini Sebut Daftar Peristiwa yang akan Terjadi pada 2019, dari UFO hingga 'Badai Berbahaya’

Cacing hidup

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada Januari 2016 dalam jurnal Kasus BMJ, ada seekor cacing hidup yang berputar-putar di mata kiri seorang pria asal India.

Diketahui cacing kecil tersebut diidentifikasi sebagai parasit Loa loa. Ia berada di bagian belakang mata, tepatnya di belakang lensa mata dan di depan retina.

Kornea meleleh

Seorang wanita 61 tahun mengalami efek samping yang aneh dari rheumatoid arthritis, suatu kondisi yang disebut "meleleh kornea”, menurut laporan 2014 yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine.

Rheumatoid arthritis adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang area mata sebelah kornea, merobek jaringan okular dan membiarkan iris, yang berada di belakang kornea, untuk "tergelincir" keluar.

Menurut para ahli, ini adalah kasus yang sangat langka.

Dokter dapat mencoba untuk memperbaiki kondisi mata dengan pembedahan, tetapi itu tidak akan mencegah kondisi terjadi lagi, menurut American Academy of Ophthalmology.

Baca Juga : Benarkah Tubuh akan Makin 'Kebal' Jika Berulang Kali Divaksin? Atau Justru Malah Berbahaya?