Find Us On Social Media :

Polisi Bongkar Kosmetik Oplosan di Kediri: Ini Tips Memilih Kosmetik yang Aman

By Ade Sulaeman, Rabu, 5 Desember 2018 | 13:00 WIB

Intisari-Online.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur berhasil membongkar praktik produksi komestik dan obat ilegal di Kediri, Jawa Timur.

Para pelaku mengaku, mengoplos bahan-bahan dari kosmetik dari merek terkenal untuk kemudian mengemasnya menjadi produk kosmetik yang diberi merek mereka sendiri.

"Produk kosmetik ini tidak memiliki izin edar dari BPOM," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur, Kombes Akhmad Yusep Gunawan, Selasa (4/12/2018), seperti dilansir dari kompas.com.

Keberadaan produk-produk ini tentu meresahkan dan juga membahayakan masyarakat.

Baca Juga : 13 Daftar Kosmetik Ilegal yang Ditarik BPOM, Apa Kandungan dan Bahayanya Bagi Kulit?

Apalagi, diketahui bahwa produsen kosmetik oplosan tersebut mempromosikan produknya secara masif.

Salah satunya dengan cara "mengendorse" 6 artis ibu kota untuk mempromosikan produk kosmetiknya melalui media sosial instagram.

Lalu, bagaimana caranya agar masyarakat dapat memilih produk kosemetik yang aman?

Untuk menemukan jawabannya, mari kita simak tips memilih kosmetik yang aman untuk kulit, seperti dilansir dari kompas.com, berikut ini:

Baca Juga : Seramnya Zaman Dahulu, Radioaktif Dijadikan Bahan Pembuatan Kosmetik!

1. Cek KLIK

Cara pertama sebelum membeli produk kosmetik adalah cek KLIK. Cek KLIK artinya cek kemasan, label, izin edar, dan tanggal kedaluwarsa pada kosmetik.

Pertama-tama, cek kemasan dan label produk kosmetik yang kamu beli. Periksa setiap sisinya apakah terdapat kecacatan dan perbedaan dengan kemasan kosmetik yang asli.