Find Us On Social Media :

Siapa Sangka, Makan Belalang Akan Memberi Manfaat Kesehatan Seperti Ini Bagi Manusia

By Afif Khoirul M, Rabu, 5 Desember 2018 | 16:00 WIB

Intisari-online.com - Makan belalang, bagaimana rasanya ya? Bagi kebanyakan orang, belalang dianggap sebagai hewan liar dan hama tanaman.

Tetapi tidak sedikit yang malah beranggapan hewan tersebut masih bisa dimanfaatkan menjadi sumber pangan yang kaya nutrisi.

Di bagian timur dunia, belalang selalu menjadi bahan pokok makanan. Belalang tersebut ditemukan di restoran, gerobak sisi jalan.

Belalang ternyata mengandung banyak protein yang sangat baik dan vitamin, selain itu Belalang dianggap lezat di banyak negara bahkan termasuk beberapa masyarakat di Indonesia.

Baca Juga : Hanya Karena Helikopter Ini Terbang Rendah, 400 Ayam Mendadak Mati, kok Bisa?

Pangan alternatif seperti belalang telah terbukti mampu mencegah penduduk dari kerawanan pangan dan gizi.

Secara ilmiah kandungan gizi dalam belalang memang tak bisa dianggap enteng.

Belalang ternyata tidak kalah bergizi dibandingkan sumber protein lainya seperti daging sapi.

Masyarakat sebenarnya bisa memanfaatkan belalang untuk membantu memenuhi kecukupan protein, zat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan.

Baca Juga : 10 Manfaat Jepan alias Labu Siam yang Jarang Diketahui. Salah Satunya Bisa Tingkatkan Fungsi Otak, Lo!

Selain kadar proteinnya tinggi, dalam belalang terkandung beragam jenis mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga.

Sedangkan kandungan vitaminnya beragam mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat hingga berbagai jenis asam lemak.

Dikutip dari laman blog myinovations.wordpress.com berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Kusmaryani (2005), kadar protein tepung belalang kayu (Melanoplus cinereus) lebih tinggi dibanding tepung udang windu (Panaeneous Monodon) dengan kadar masing-masing 17,922 dan 9,846 persen.