Find Us On Social Media :

Batu dari Afrika Utara Ini Diklaim dapat Mengubah Peta Sejarah Umat Manusia

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 1 Desember 2018 | 14:00 WIB

 

Intisari-Online.com - Afrika Timur terkenal sebagai tempat kelahiran manusia dan lokasi di mana leluhur manusia purba pertama kali menggunakan alat-alat batu canggih.

Alat-alat batu canggih ini diperkirakan ada sekitar 2,6 juta tahun yang lalu dan kemudian menyebar ke seluruh Afrika dan kemudian ke seluruh dunia.

Tetapi penelitian baru, yang diterbitkan di Science, telah mengungkap situs arkeologi di Aljazair yang menunjukkan alat-alat serupa yang berusia 2,44 juta tahun.

Tim yang dipimpin oleh arkeolog Mohamed Sahnouni, menunjukkan bahwa nenek moyang manusia menyebar ke wilayah itu jauh lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Baca Juga : Bandoeng Holland in De Tropen, Masihkah Kota Bandung Menyimpan Bangunan Tua Bersejarah?

Atau bahwa teknologi alat batu secara bersamaan ditemukan oleh spesies hominin sebelumnya yang hidup di luar Afrika timur.

Dilansir dari Science Alert, Jumat (30/11), artefak yang terletak di situs Oldowan ini diketahui berfungsi sebagai palu batu untuk mengelupas bebatuan lain.

Serpihan itu kemudian diubah menjadi berbagai pisau dengan membentuk pinggirannya.

Baca Juga : KNKT: Setelah Pilot Kehilangan Kontrol, Lion Air JT 610 Menukik dengan Kecepatan 700 Km/Jam, Sebelum Akhirnya Menghantam Laut