Find Us On Social Media :

(Foto) Menengok Jeroan Sekolah Agen Rahasia KGB Rusia yang Dikenal sebagai ‘Kementerian Teror’

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 10 Maret 2018 | 16:15 WIB

Intisari-Online.com - Gambar-gambar mengejutkan seputar Perang Dingin mengungkapkan seperti apa murid-murid di sekolah agen rahasia KGB mengasah kemampuan mematikan mereka.

Akademi Moskow—yang menganggap Vladimir Putin sebagai salah satu alumninya—masih diselimuti kerahasiaan meskipun sudah menutup pintunya pada 1991.

Gambar-gambar tersebut muncul beberapa hari terakhir setelah mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal dan putrinya diracuni agen rahasia di Inggris.

Mereka kini dalam kondisi kritis di Salisbury District Hospital—sekritis hubungan diplomatik antara London dan Moskow yang mencapai titik terendahnya.

Kondisi ini mengingatkan kita semua pada era 60-an, 70-an, dan 80-an ketika calon-calon mata-mata direkrut dari kampus-kampus elite di Soviet dan dilatih untuk membunuh.

(Baca juga: Dari dengan Uang hingga Perempuan, Begini Agen Rahasia Mossad Menghancurkan Nuklir Irak di Prancis)

Bos KGB bahkan diyakini telah membangun “Kota Amerika” di Ukraina sehingga mata-mata itu bisa belajar bagaimana hidup secara rahasia di Amerika.

Di kota itu, para agen rahasia yang dalam masa latihan berlatih mengendarai mobil-mobil Amerika dengan aturan lalu lintas Amerika.

Mereka juga menonton film-film Amerika.

Soviet bersikeras bahwa “Kota Coca-Cola”, seperti yang diketahui, tidak pernah ada. Tapi mereka yang pernah hidup di akademi itu meyakini sebaliknya.

Selain belajar tradisi Amerika, para rekrutan itu mempelajari beberapa bahasa serta kemampuan kontra-intelijen dan investigasi.

Mereka juga diajarkan cara bertarung—seperti menembak, bela diri, dan pertarungan tanpa senjata.

Di akademi spionase, mereka juga belajar bagaimana menggunakan teknologi dan trik untuk mengalahkan lawan mereka di Amerika.