Find Us On Social Media :

Unik dan Ajaib, Singa Betina Berusia 18 Tahun Ini Tiba-tiba Berubah Menjadi Singa Jantan, Apa Sebabnya?

By Moh Habib Asyhad, Senin, 26 Februari 2018 | 07:00 WIB

Intisari-Online.com – Keunikan dunia hewan bertambah satu. Seekor singa betina di kebun bintang Oklahoma City di Amerika Serikat berubah menjadi singa jantan.

Keanehan singa yang bernama Bridget itu pun menjadi ramai di berbagai media di dunia.

Aslinya, Bridget adalah seekor singa betina dari jenis singa Afrika yang telah berusia 18 tahun. Sejak lama ia menjadi singa kesayangan di kebun bintang itu.

Perawat kebun bintang menyadari ada yang berbeda pada Bridget pada akhir 2017 lalu.

Pada tubuh singa itu mulai tumbuh surai tambahan di sekeliling leher dan kepalanya.

(Baca juga: Marvel Black Panther: Film Superhero yang Dianggap Paling Revolusioner karena Mengubah Wajah Afrika di Hollywood)

“Itu mengagetkan semua orang bahwa Bridget menumbuhkan sesuatu yang sedikit berbeda,” kata Gretchen Cole kepada situs ABC News.

Para dokter hewan yang penasaran belum mengetahui apa penyebab tumbuhnya surai ‘yang luar biasa langka’ ini. Mereka mengambil contoh darah dari bagian ekor Bridget tanpa membiusnya.

Sebelum hal itu dilakukan, perawatnya menghabiskan waktu berhari-hari untuk melatih Bridget dalam posisi yang tepat.

Menurut Gretchen, contoh darah itu akan dibandingkan dengan contoh darah yang diambil dari saudara Bridget yang bernama Tia. Kedua singa betina itu sama-sama lahir pada 1999.

Surai atau bulu tengkuk biasanya tumbuh pada hewan jantan, seperti singa, ketika mereka berusia satu tahun. Saat usia itu mereka mengalami suatu pertumbuhan testosterone.

“Perubahan ketika seekor singa betina menumbuhkan karakteristik seekor singa jantan adalah tidak biasa,” kata Gretchen Cole.

(Baca juga: Ketika Naluri Keibuan Berbicara, Singa Betina Ini Merawat Anak Antelop yang Seharusnya Jadi Mangsanya)