Find Us On Social Media :

Peneliti Sebut Kentang Goreng McDonald's Bisa Atasi Kebotakan, Bagaimana Caranya?

By Ade Sulaeman, Senin, 12 Februari 2018 | 10:45 WIB

Intisari-Online.com - Salah satu bahan yang dipakai untuk menggorang kentang di restoran cepat saji McDonald's, ternyata berpotensi menjadi obat untuk menghilangkan kebotakan. Bagaimana bisa?

Para ilmuwan dari Yokohama National University ini menemukan bahan kimia dimethylpolysiloxane, dapat digunakan untuk memproduksi folikel rambut secara massal pada tikus.

Dimethylpolysiloxane adalah kandungan silikon yang digunakan dalam minyak goreng McDonald's untuk mencegah percikan saat proses penggorengan.

Berdasarkan hasil riset, "metode sederhana" ini telah berhasil menciptakan "hair follicle germ" (HFG) atau sel yang membantu menumbuhkan folikel rambut.

(Baca juga: Aktor Advent Bangun Meninggal, Karateka Tulen yang Pernah Dikeroyok 30 Preman)

Tim peneliti mempercayai, penggunaan dimetilpolisiloksan dalam percobaan yang pemecah tanah dapat menghasilkan ribuan kuman folikel rambut simultan.

"Kunci untuk produksi massal HFG adalah kandungan bahan substrat untuk bejana kultur."

"Kami menggunakan dimetil polisiloksan permeabel-permeabel (PDMS) di dasar bejana kultur, dan hasilnya sangat baik," ujar Profesor Junji Fukuda.

Fukuda adalah salah stau periset dalam penelitian tersebut.

Begitu HGF dipindahkan ke punggung tikus, rambut hitam baru mulai tumbuh di daerah tersebut.

Teknik ini menciptakan 5.000 HFG secara bersamaan setelah proses transplantasi pada tikus.

Meskipun metode ini hanya digunakan pada tikus, periset merasa teknik ini dapat digunakan pada manusia dengan hasil yang sama.