Find Us On Social Media :

Jangan Mengulanginya Lagi, Ini Bahayanya Tidur Sambil Mendengarkan Musik Lewat Earphone

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 4 Februari 2018 | 17:45 WIB

Intisari-Online.com - Musik bisa menenangkan dan juga menghibur. Namun, jika salah cara mendengarkannya justru berakibat fatal.

Contohnya, ada bahaya tidur sambil mendengarkan musik lewat earphone. Kebiasaan ini ternyata berdampak pada kesehatan.

Menurut Staf Departemen Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) Bedah Kepala Leher RSCM-FKUI dr. Harim Priyono SpTHT-KL(K), menggunakan earphone dengan intensitas yang tinggi dapat merusak pendengaran seseorang akibat bising.

"Alat seperti itu (earphone) memompa energi suara besar pada sistem pendengaran kita. Sangat disayangkan, orang-orang mendengarkan earphone saat tidur. Kalau berlebihan menggunakan earphone, bisa menurunkan fungsi pendengaran," kata dr. Harim saat ditemui di RSCM Kencana, kawasan Salemba, Jakarta Pusat.

(Baca juga: Bahaya TidurMendengarkan Musik Lewat Earphone)

Saat tertidur, faktanya  telinga semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari earphone tersebut.

Apalagi kondisi rumah siput atau koklea yang cukup sensitif terhadap gelombang suara.

“Saat mendengarkan lagu semalaman hingga tertidur, sebenarnya saat itu telinga sudah tidak lagi mendengarkan,” imbuhnya.    

Selain tidak dianjurkan mendengarkan musik dengan earphone semalaman, volume musik juga harus diperhatikan.

Volume terlalu keras juga dapat membahayakan fungsi pendengaran.

Bila cermat, saat memutar musik menggunakan earphone, gawai akan memberikan peringatan batas volume maksimal. Ada baiknya, pengguna earphone memperhatikan peringatan tersebut.

(Baca juga: Jangan Gunakan Earphone Saat Ponsel Sedang Diisi Daya Jika Kita Tidak Mau Kejadian di Bawah Ini Menimpa Kita)

“Kalau kita perhatikan jika kita mendengarkan musik pakai earphone, di layar gadget  muncul warning volume maksimal. Itu harus benar-benar diperhatikan,” katanya lagi.