Find Us On Social Media :

Duh, Bayi Ini Tidak Boleh Dipotong Tali Pusarnya Oleh Ibu Kandungnya Sendiri

By Yoyok Prima Maulana, Jumat, 2 Februari 2018 | 12:45 WIB

Intisari-Online.com – Ini adalah kisah Vannessa Fisher, ibu dua anak dari Inggris.

Ia merasa proses kelahiran putra pertamanya tidak seperti yang diharapkannya dan ia merasa kecewa dengan pengalaman melahirkan di rumah sakit.

Jadi, ketika ia hamil anak kedua ia menginginkan sesuatu yang berbeda. Ia pun mencari berbagai informasi proses melahirkan di dunia maya.

Setelah menemukan cara yang dianggapnya tepat, ia memutuskan proses melahirkan itu harus benar-benar alami. Ia memilih untuk melahirkan dengan teknik bunga lotus.

BACA JUGA:

Itu adalah teknik melahirkan yang tidak biasa, yang dikritik banyak para ahli kesehatan. Teknik ini membuat orangtua tidak memotong tali pusat. 

Jadi, ari-ari yang keluar bersama bayi dibiarkan tetap menempel di bayi hingga lepas secara alami.

Banyak dokter yang memperingatkan bahwa prosedur ini meningkatkan risiko infeksi pada bayi.

Namun, Vanessa tetap pada rencananya melahirkan dengan teknik lotus ini. Hal yang pertama dilakukannya adalah meyakinkan sang suami, Nick Fisher.

“Awalnya suamiku kaget dengan ide ini tetapi a mendukungnya. Sementara anggota keluarga yang lain tidak terlalu setuju dengan ide ini,” cerita Vanessa di Mirror Online.

Ia pikir hal itu lebih karena tehnik ini tidak umum. Ia juga tidak menemukan pendapat yang cukup valid dari siapapun untuk mempertimbangkan kembali keputusannya itu.

Menurutnya, ketidaklaziman sulit bagi orang-orang untuk dimengerti. Kita sudah begitu terbiasa dengan batasan pengobatan ala barat sehingga tidak mempertimbangkan alternatif lainnya. 

“Argumen mereka termasuk ari-ari yang pasti tidak menarik. Ari-ari yang tetap terikat justru membuat mereka lebih hati-hati dengan bayi,” kata Vanessa.