Find Us On Social Media :

Jangan Pernah Menahan Bersin, Jika Tak Mau Hal Mengerikan yang Terjadi pada Pria Ini Terjadi Juga pada Kita

By Mentari DP, Selasa, 16 Januari 2018 | 15:30 WIB

Intisari-Online.com – Ketika bersin, ada hal yang harus terjadi, yaitu lebih baik mengeluarkan bersin daripada tidak jadi bersin atau menahannya.

Perlu Anda tahu, bersin adalah metode tubuh untuk mengeluarkan iritasi dari saluran udara, dan seringkali bisa terjadi tanpa peringatan.

Mereka juga cukup eksplosif, mencapai kecepatan terukur hingga 16,2 kilometer per jam (4,5 meter per detik atau 10 mil per jam).

Ketika kita sedang berada di situasi yang penting atau formal, kebanyakan dari kita akan mencoba untuk menahannya. Meski bukan hal yang mudah dilakukan.

(Baca juga: Hati-hati! Menahan Bersin Termasuk Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Kesehatan Kita)

(Baca juga: Mengapa Kita Menutup Mata Saat Bersin?)

Tapi kalau bisa, janganlah menahan bersin.

Sebab, salah-salah kita akan mengalami apa yang pria ini rasakan.

Dilansir dari sciencealert.com, seorang pria di Inggris berusaha untuk menahan bersinnya.

Diketahui pasien berusia 34 tahun itu melakukan tindakan ekstrem untuk menahan bersin, yaitu menutup mulutnya dan menutup hidungnya dengan tangannya.

Lalu setelah itu, lehernya langsung membengkak. Tidak lama kemudian, dia mulai merasa sangat sakit untuk menelan dan kehilangan suaranya, kata dokter dari Rumah Sakit Universitas Leicester NHS Trust.

Setelah diperiksa, dokter melihat pecahnya faring (lorong tenggorokan yang mengarah dari mulut dan hidung ke kerongkongan).

Padahal pecahnya faring sangat jarang terjadi. Jika pun terjadi, biasanya hal itu disebabkan oleh trauma berat. Atau mungkin muntah dan batuk berat.