Find Us On Social Media :

Catat! Inilah Parade Langit Spektakuler yang Akan Terjadi di Tahun 2018, Salah Satunya Juga Ada di Indonesia Lo

By Tatik Ariyani, Selasa, 2 Januari 2018 | 10:30 WIB

Intisari-Online.com - Tahun 2018 ini menawarkan banyak pertunjukan alam bagi orang-orang yang suka melihat keindahan langit.

Agar tidak melewatkan pertunjukan alam tersebut, ada baiknya kita segera melingkari kalender 2018 kita untuk menyaksikan 8 momen indah ini:

1. Tanggal 31 Januari: Super Blue Moon Eclipse

Tahun baru ini membawa dua kesempatan untuk menyaksikan salah satu pertunjukan langit yang paling mudah diakses: gerhana bulan total.

BACA JUGA: 

Kesempatan pertama tiba pada tanggal 31 Januari dan juga bulan purnama malam itu juga akan menjadi supermoon, ketika bola bulan itu relatif dekat dengan Bumi dan tampak lebih besar dan lebih terang dari rata-rata.

Dan sejak bulan purnama 31 Januari akan menjadi yang kedua dalam sebulan, itu juga akan menjadi apa yang dikenal sebagai bulan biru.

Seluruh gerhana akan terlihat dari Samudra Pasifik barat, Alaska, Kanada barat, Australia, Selandia Baru, Hawaii, Indonesia, Filipina, China, dan Jepang, sedangkan di bagian timur Amerika Utara hanya akan menyaksikan gerhana parsial.

2. Tanggal 7-8 Maret: Parade Planet

Pada tanggal ini kita dapat menyaksikan planet yang mendominasi langit tenggara saat fajar, seperti Saturnus, Mars, dan Jupiter yang tampaknya saling mendekat di langit.

BACA JUGA: 

Selama beberapa malam dimulai pada tanggal 7 Maret, bulan gibbous yang memudar akan mendekat pada planet lain dalam barisan, sementara tanggal 8 Maret, bulan akan menyelipkan dirinya di antara Mars dan Jupiter.

3. Tanggal 15 Juli: Bulan Bertemu Venus