Find Us On Social Media :

Serangga Purba yang Membingungkan Peneliti Selama 1 Abad Itu Akhirnya Terbongkar Juga Kedoknya

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 23 Desember 2017 | 19:30 WIB

Intisari-Online.com - Serangga purba nan membingungkan, yang selama satu abad membuat para peneliti pusing itu akhirnya terbongkar identitasnya.

Sekitar seabad lalu, ilmuwan menemukan makhluk laut mungil berukuran sekitar 2 sentimeter di pegunungan Rocky, Kanada.

Asal usul makhluk yang disebut Habelia optata ini sempat membingungkan peneliti.

Pasalnya, para peneliti tidak bisa menentukan dengan jelas makhluk ini termasuk keluarga evolusi yang mana karena penampakannya yang mengerikan.

Kini, ahli paleontologi dari Universitas Toronto dan Museum Royal Ontario, Toronto, berhasil mengungkapkan identitasnya.

(Baca juga: Wow Spesies Jamur ini Punya Lebih dari 20.000 Jenis Kelamin, Kok Bisa?)

(Baca juga: Kabar Buruk! Menurut Para Peneliti, Spesies Paus Langka Ini Akan Punah Sebentar Lagi)

Diterbitkan dalam jurnal BMC Evolutionary Biology, penelitian ini mengungkapkan bahwa Habelia hidup selama pertengahan periode Kambrium, sekitar 508 juta tahun yang lalu.

Periode Kambrium merupakan masa saat banyak nenek moyang hewan muncul untuk pertama kalinya.

Meski demikian, karakteristik Habelia sudah mirip dengan hewan modern. Tubuhnya tersegmentasi mirip seperti lobster atau serangga.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Cédric Aria, seorang ahli paleontologi dari Universitas Toronto, ini juga menemukan bahwa Habelia berkaitan dengan nenek moyang chelicerate, kelompok yang mencakup kalajengking dan laba-laba.

“Habelia ini menjelaskan asal karakteristik tubuh yang dimiliki chelicerate,” ujar Aria dilansir dari Independent, Kamis (21/12).