Find Us On Social Media :

Wow, Spesies Baru dari Kuda Laut Ditemukan di Korea

By Mentari DP, Senin, 4 Desember 2017 | 17:00 WIB

Intisari-Online.comKuda laut adalah ikan laut kecil yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan keluarga Syngnathidae.

Hewan ini biasanya ditemukan di perairan tropis dan beriklim dangkal yang tersebar di seluruh dunia.

Biasanya spesies kuda laut berwarna transparan sebagian. Sehingga ia tidak mudah terlihat.

Namun kuda laut yang baru saja ditemukan ini sangat berbeda. Warnanya sangat terang sehingga mudah terlihat.

(Baca juga: Ni Nengah Widiasih: Kalau Gagal, Ya, Coba Lagi! Kalau Jatuh, Ya, Bangun Lagi!)

(Baca juga: Keren! Meski Punya Keterbatasan Fisik, Nur Ferry Berhasil Persembahkan 4 Emas Bagi Indonesia, Bahkan Memecahkan 3 Rekor)

Dikutip dari sci-news.com, spesies baru kuda laut telah ditemukan di Samudera Pasifik utara, dekat Jepang dan Semenanjung Korea.

Oleh ahli biologi, spesies baru kuda laut itu diberi nama Hippocampus heama atau kuda laut Korea.

“Spesies baru ini dapat ditemukan di sepanjang pantai selatan dan tenggara Semenanjung Korea (dari Pulau Soan sampai Ulsan),” kata Dr. Kim Jin-Koo dari Universitas Nasional Pukyong.

Tidak hanya di Semenanjung Korea, spesies kuda laut baru ini juga bisa ditemukan di sepanjang pantai barat Kyushu (sebelah barat Prefektur Kagoshima) dan pantau barat laut Honshu (dari Prefektur Kyoto sampai Prefektur Akita).

Dr. Kim menambahkan bahwa panjang spesies kuda laut baru ini antara lima sampai 11,5 cm. Badannya kurus, dan lubang insang ganda.

Selain itu, kepala dan tubuhnya terlipat pada sudut yang hampir searah, moncongnya memanjang dan menyatu, serta ada sirip panggul.

Menariknya, spesies kuda laut baru ini memiliki warga yang cerah. Ada hitam, orange, kuning, magenta, klaret, coklat, abu-abu dengan garis hitam, dan merah.

Untuk lebih lanjut, spesies kuda laut ini diuraikan dalam jurnal Zoo Keys.