Find Us On Social Media :

Bukan Asli Jerman, Pasukan Gunung Nazi Ini Lari Terbirit-birit ketika Digempur Habis-habisan oleh Pasukan Uni Soviet

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 25 November 2017 | 20:00 WIB

Intisari-Online.com - Tidak semua pasukan Nazi Jerman menunjukkan semangat tempur berani ketika bertempur melawan pasukan Uni Soviet dan Sekutu.

Misalnya saja seperti pasukan SS-Freiwilligen Gebirgs Division Prinz Eugen yang merupakan pasukan gunung dan berperang di kawasan Eropa Timur.

Pasukan gunung Waffen SS-Freiwilligen Gebirgs Division Prinz Eugen dibentuk pada tahun 1942 dan anggotanya terdiri dari etnik Jerman yang berasal dari sejumlah negara seperti Kroasia, Serbia, Hongaria, dan Rumania.

Sebelum dibentuk menjadi SS-Freiwilligen Gebirgs Division Prinz Eugen cikal bakal pasukan gunung ini adalah SS Selbstschutz (SS Protection Force) dan Einsatz-Staffel (ES) yang juga disebut sebagai Prinz Eugen.

Sewaktu dibentuk personel Prinz Eugen masih dalam kondisi kekurangan logistik khususnya untuk kebutuhan seragam dan persenjataan.

Tapi berkat senjata dan logistik rampasan dari pasukan  secara perlahan Divisi Prinz Eugen berkembang terus dan menjadi kekuatan yang siap tempur. 

Jumlah total personil pasukan saat dibentuk sebanyak 21.500 orang dengan persenjataan tempur hasil rampasan dari tentara Chekoslovakia dan Perancis yang keadaannya masih dalam kondisi cukup baik.

Komandan pertama Gebirgs Division adalah SS-Obergruppenfuhrer Artur Phleps, pejuang asal Romania yang sejak dari awal sangat memuja Nazi Jerman.

Misi tempur pertama SS-Freiwilligen Gebirgs Division Prinz Eugen adalah melumpuhkan para gerilyawan yang bertempur melawan pasukan Nazi Jerman di pegunungan Balkan.

Hingga tahun 1943 Gebirgs Division terus bertempur di gunung-gunung di Eropa Timur dan  Balkan seperti perbatasan Serbia-Montenegro serta Zagreb-Karlovac,.

Khususnya melawan pejuang Yugoslavia yang dipimpin oleh Josip Broz Tito.

Pasukan yang dipimpin Phelps yang oleh Hitler diberi pangkat khusus, SS Gruppenfuhrer, terus menunjukkan prestasinya.