Find Us On Social Media :

Bingung Bedakan Nyeri Pinggang Dan Sakit Ginjal? Ini Cara Mudahnya

By Yoyok Prima Maulana, Sabtu, 18 November 2017 | 17:45 WIB

Intisari-online.com - Pada umumnya, masyarakat Indonesia masih menganggap sakit pinggang pasti disebabkan oleh gangguan ginjal.

Dari segi gejala dan intensitas nyeri, memang agak sulit dibedakan.

Padahal sakit pinggang bisa terjadi karena banyak faktor, seperti: masalah otot, tulang, atau saraf.

Pada sakit pinggang yang disebabkan gangguan ginjal, intensitas nyerinya tidak akan berubah atau hilang karena perubahan posisi.

Contoh kasusnya, apabila nyeri itu berkurang pada saat pasien duduk atau berbaring, kemungkinan sakit pinggangnya akibat masalah lain. Bukan ginjal.

Berbeda halnya apabila bagian yang terasa nyeri ditekan atau dipijat lalu terasa lebih sakit, kemungkinan itu akibat gangguan pada ginjal.

Selain intensitas nyeri, pasien sakit pinggang karena gangguan ginjal akan mengalami demam. Namun, sebaiknya pastikan dulu bahwa demam bukan terjadi karena infeksi pada otot pinggang. 

BACA JUGA: 

Ada ciri lainnya yaitu ketika pasien buang air kecil, warna urine akan terlihat lebih keruh, yang terparah adalah kemerahan bercampur darah.

Untuk penanganan lebih lanjut, sebaiknya dilakukan USG agar ginjal bisa dicek untuk mengetahui apakah salurannya normal atau ada kelainan, misal melebar karena tersumbat hingga bengkak.

Namun USG sifatnya hanya untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pada ginjal. Sedangkan untuk menilai masalah fungsi ginjal, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di laboratorium.

Supaya ginjal tetap berfungsi dengan baik dan sehat, tindakan preventif paling sederhana adalah minum air yang cukup. Kemudian kurangi konsumsi gula dan garam, banyaklah bergerak minimal jalan kaki, dan rutin berolahraga.

(Dr. dr. Nur Rasyid, Sp.U Dokter Spesialis Urologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta)

BACA JUGA: