Find Us On Social Media :

Biar Tidak Jejeritan Saat Operasi Dipakailah Gas Tertawa Yang Kerap Dipakai Pelawak

By Yoyok Prima Maulana, Senin, 13 November 2017 | 09:00 WIB

Sejarah anestesi

Intisari-online.com - Anda yang pernah menjalani operasi pembedahan di rumah sakit, pasti tahu rasanya kehilangan kesadaran.

Di meja operasi, begitu obat anestesi dimasukkan ke dalam tubuh, perlahan-lahan ... mak lesss, lalu tidak ingat apa-apa lagi.

Setelah operasi selesai dan kesadaran perlahan-lahan muncul, rasanya otak sudah mulai sadar tapi tubuh lemas tidak berdaya. Kita mungkin akan penasaran: apa begini rasanya kalau orang mabuk berat?

Antara anestesi dan mabuk memang beda tipis. Menurut sejarahnya, nitrogen oksida, yang kini dijadikan obat anestesi, awalnya digunakan untuk mabuk-mabukan. Orang menyebutnya "gas tertawa", karena kalau dihirup, orang akan tertawa-tawa, mirip mabuk narkoba.

Gas ini juga dipakai dalam pertunjukan lucu-lucuan di panggung. Penonton sukarela maju untuk menghirupnya, lalu bertingkah lucu. Namun suatu kali, ada seorang penonton yang malah mengamuk.  la berkelahi sampai terluka, tapi tak merasakan sakit.

BACA JUGA: 

Di tengah penonton ada seorang dokter gigi, Horace Wells, yang kemudian memakai gas tertawa untuk anestesi. Rekan kerjanya diminta untuk mencabut gigi gerahamnya yang sudah bolong dan ternyata berhasil.

Tapi saat harus mendemonstrasikan percobaan ini, tahun 1844, di depan para dokter di Boston, la malah gagal. Wells dianggap menipu dan kemudian minggat ke Eropa.

William Thomas Green Morton, rekan Wells, tetap melanjutkan uji coba gas tertawa dalam pembedahan. Charles Jackson, seorang rekan Morton, menganjurkan untuk memakai eter. Karena hasilnya bagus, sejak itu eter lazim digunakan di Amerika Serikat.

Sementara itu di Eropa, para dokter mengikuti Wells untuk menggunakan nitrogen oksida. Wells dipuji dan disanjung.

Ternyata belakangan antara Wells, Morton, dan Jackson (yang merasa ikut berjasa) saling mengunggulkan diri dan merasa telah menemukan obat anestesi.  Kisah ini harus berakhir tragis karena Wells mati bunuh diri, Morton bangkrut dan mati di usia 49 tahun, serta Jackson mati dalam keadaan hilang ingatan.

Penemuan Morton tidak diakui lantaran diketahui eter sudah ditemukan sejak abad 13. Bahkan sebenarnya manusia sudah mencoba menggunakan bermacam zat penahan rasa sakit jauh berabad-abad Sebelum Masehi.