Find Us On Social Media :

Ingat, Keluarga adalah Sekolah Pertama Anak, Termasuk ‘Materi’ tentang Pendidikan Seksual!

By Ade Sulaeman, Sabtu, 11 November 2017 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com - Pelecehan seksual masih menjadi masalah dalam kehidupan sosial.

Meski sebagian besar perempuan dan anak-anak menjadi korban, laki-laki juga ada yang mengalami pelecehan secara seksual.

Sosial media nyatanya juga ikut digunakan sebagai wadah oleh para pelaku memuaskan keinginan mereka yang tak sewajarnya.

Sebagai mahkluk sosial yang hidup di zaman modern seperti sekarang, bukan saatnya kita menyalahkan teknologi, namun menyiapkan mental kita dan anak-anak kita supaya siap menghadapi paparan media.

(Baca juga: Inilah Waktu yang Tepat untuk Memberikan Pendidikan Seks kepada Anak-anak)

Tentu menjadi penting bagi Anda sebagai orangtua untuk memberikan edukasi kepada anak-anak Anda, perempuan atau laki-laki mengenai pelecehan seksual sebelum terlambat.

Banyak orangtua yang akhirnya diam karena menganggap anak-anak mereka belum cukup umur untuk mengetahui tentang seksualitas.

Kebanyakan orangtua memilih diam karena tidak tahu apa yang harus dikatakan atau bagaimana memulainya.

“Banyak orangtua ingin bicara kepada putri mereka, tapi mereka khawatir melakukan kesalahan atau mereka sebenarnya tidak tahu apa yang harus dikatakan, jadi mereka memilih tidak mengatakan apapun,” kata Holy Kearl, pendiri sebuah organisasi non-profit Stop Street Harasshment.

Pelecehan seksual seperti catcalling (sekelompok orang yang memanggil-manggil atau memberikan siulan kepada orang lain di jalanan) umumnya sering sekali terjadi, namun tidak pernah mendapat perhatian khusus.

Jika anak Anda sudah memiliki akun sosial media, dan ia memiliki banyak pertanyaan mengenai berita-berita pelecehan seksual, Anda jelas harus mengambil peran sebagai orangtua sekaligus sahabat.

Tanyakan seberapa banyak ia tahu mengenai berita tersebut dan jika mereka memiliki pertanyaan, jawablah dengan jujur.