Find Us On Social Media :

Di Sekolah Ini, Siswa Tak Hanya Dibekali Pendidikan Formal, Tapi juga Olahraga Berkuda. Untuk Apa?

By Ade Sulaeman, Selasa, 31 Oktober 2017 | 12:30 WIB

Intisari-Online.com - Pernahkah Anda membayangkan ada sekolah nasional yang memiliki aktivitas unik seperti berkuda?

Sekolah Menengah Atas (SMA) Adria Pratama Mulya mungkin menjadi sekolah pertama di Indonesia yang menggabungkan pendidikan akademik dengan kegiatan olahraga ketangkasan berkuda (equestrian) dan performing arts.

Sekolah ini membekali murid sesuai dengan standar pendidikan yang diakui pemerintah, mereka menggunakan kurikulum nasional 2013.

Uniknya, bukan hanya pendidikan formal yang diajarkan di sini, namun juga keterampilan olahraga ketangkasan berkuda atau yang dikenal dengan equestrian.

(Baca juga: Akibat Penyakit Langka, Gadis Pakistan Ini Punya Kepala Miring hingga 90 Derajat yang Membuat Harus Putus Sekolah)

Equestrian masuk menjadi salah satu indikator dalam penilaian dan menjadi kegiatan layaknya mata pelajaran wajib.

Menggunakan tagline “When Education Meets Sports & Performing Arts” sekolah ini memadukan program akademik dengan olahraga dalam disiplin equestrian dan performing arts.

Tujuannya, untuk membentuk kedisiplinan, menciptakan semangat juang untuk meraih keunggulan, membangun profesionalisme dan ketekunan dalam diri siswa.

Triwatty Marciano merupakan salah satu pendiri sekolah yang dimulai sejak 2012 lalu.

Perempuan yang sejak muda bergelut dengan aktivitas pacu kuda ini menyalurkan kecintaannya pada bidang ini dengan ikut berkontribusi mencari bibit atlet equestrian.

Riders (sebutan untuk atlet equestrian) haruslah seorang yang cerdas,” kata Triwatty dalam acara Cinta Indonesia Open 2017 yang diselenggarakan di SMA  Adria Pratama Mulia (APM).

Menurut Triwatty, lulusan dari SMA ini tetap bisa bersaing dengan lulusan dari sekolah formal biasa.