Find Us On Social Media :

Soal Ditolaknya Panglima TNI Masuk Amerika Serikat, Dubes pun Minta Maaf

By Moh Habib Asyhad, Senin, 23 Oktober 2017 | 06:00 WIB

Panglina TNI Gatot Nurmantyo

Intisari-Online.com - Panglima TNI Gatot Nurmantyo ditolak masuk Amerika Serikat.

Terkait hal ini, Duta Besar AS untuk Indonesia Josepph Donovan pun langsung meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

(Baca juga: Sudah Urus Visa kok Panglima TNI Gatot Nurmantyo Ditolak Masuk Amerika Serikat?)

“Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi atas ketidaknyamanan yang dialami Jenderal Gatot," demikian pernyataan tertulis Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia yang dimuat di laman resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat, Minggu (22/10).

Pernyataan maaf itu juga menyebutkan bahwa Kedutaan Besar Amerika Serikat akan memfasilitas keberangkatan Gatot  ke negara yang berpresiden Donald Trump itu.

“Kami tetap berkomitmen untuk menjaga kemitraan strategis dengan Indonesia sebagai cara untuk memberikan keamanan dan kesejahteraan kepada masyarakat kedua negara,” demikian pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke Amerika Serikat oleh Pemerintah AS.

Kabar itu diterima Gatot melalui maskapai Emirates di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Sabtu (21/10) sekitar pukul 17.00 WIB.

(Baca juga: Panglima TNI Gatot Nurmantyo Akun Jenderal TNI Pasti Berpolitik, Tapi…)

Saat itu, Gatot hendak berangkat ke Amerika dengan maskapai Emirates dengan nomor penerbangan EK 0357.

Ia pergi ke Amerika atas undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford untuk menghadiri Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremist Organization pada 23-24 Oktober di Washington DC.

(Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul "Dubes Amerika Minta Maaf Terkait Ditolaknya Jenderal Gatot Nurmantyo Masuk Amerika")