Find Us On Social Media :

Taktik Operasi Rahasia yang Dilancarkan Para Agen Rahasia dan Teroris Sebenarnya Sama Saja, Sama-sama Berujung Malapetaka

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 22 Oktober 2017 | 10:00 WIB

Intisari-Online.com - a

Ketika James Bond 007 meledak di pasaran entertainment, film yang menyuguhkan aksi agen rahasia yang melaksanakan operasi terselubung (covert  mission) itu jelas telah berhasil memikat perhatian para pemirsa.

Adegan pembunuhan yang dilakukan lewat cara-cara spektakuler dan keberhasilan operasi rahasia (secret mission) melalui teknik serta strategi mutakhir, meskipun, berlangsung secara sadistik, justru makin membius pemirsa. Pemirsa pun dibuat ketagihan untuk menonton sekuel James Bond 007 berikutnya.

(Baca juga: Tugas Utama Agen Rahasia CIA Memang untuk Mengacaukan Negara Orang, Benarkah?)

Tak hanya James Bond 007, film lain yang bertema secret mission juga turut bermunculan seperti Mission Imposible.

Atau serial film X-File, yang sempat membius pemirsa layar kaca berkat tema ceritanya yang penuh rahasia, rumit, dan beresiko tinggi tapi berhasil dibongkar para tokohnya secara cerdas  meskipun para pemirsa kadang tetap dirundung tanda tanya.

Film-film yang berupaya menyuguhkan kisah secret mission seperti itu umumnya berdasar kisah nyata yang cukup populer namun tetap menjadi rahasia publik. Tak ayal, film model begini kerap menimbulkan penafsiran bermacam-macam tanpa diketahui ujung pangkalnya. 

Misi secret mission yang digelar secara diam-diam oleh sebuah rezim pemerintahan atau oleh suatu organisasi tertentu umumnya memang bertujuan untuk menciptakan keterkejutan, kegemparan atau bahkan ketakutan secara akut, horor,  sehingga akan menjadi pukulan telak bagi korbannya. 

Ketika AS usai Perang Dunia II secara diam-diam menggelar sejumlah operasi untuk memanfaatkan para ilmuwan Nazi atau Jepang  guna memproduksi senjata-senjata mutakhir seperti senjata nuklir dan pembunuh massal lainnya ada satu tujuan jika senjata rahasia itu digunakan untuk melawan musuh bisa dipastikan musuhnya akan hancur.

Kekhawatiran sekaligus keinginan untuk menghancurkan musuhnya khususnya saat Perang Dingin berkecamuk mengakibatkan secret mission terus digelar hingga kondisi terkini.

Counter secret mission

Secara khusus tujuan secret mission yang kadang ditempuh lewat segala macam cara yang kadang jauh dari perikemanusiaan adalah membuat jera rival atau musuhnya.