Find Us On Social Media :

Inilah Daftar Kota Teraman di Dunia, Jakarta Berada di Peringkat Keempat. Tapi...

By Ade Sulaeman, Minggu, 15 Oktober 2017 | 07:00 WIB

Intisari-Online.com - Pelancong yang menghindari risiko akan berhasil mencapai tujuannya di beberapa kota di wilayah Asia

Hal ini merujuk sebuah laporan baru yang menunjukkan bahwa Tokyo, Singapura dan Osaka sebagai tiga kota teraman di dunia.

Indeks Kota Teraman 2017, diproduksi oleh The Economist Intelligence Unit, mencakup 60 kota besar, melihat beragam faktor.

Mulai dari tingkat kejahatan dan keamanan jalan hingga keamanan digital dan kualitas layanan kesehatan.

Ibukota Jepang, yang berada pada peringkat pertama pada indeks kota teraman yang diterbitkan pada 2015, kembali menempati urutan teratas dengan skor keseluruhan 89,8.

(Baca juga: 10 Tempat Teraman untuk Berlibur Sendirian (1))

(Baca juga: 10 Tempat Teraman untuk Berlibur Sendirian (2))

Dari empat kategori utama, keamanan digital berada di peringkat pertama, keamanan kesehatan ada di peringkat kedua, keamanan pribadi ada di peringkat keempat, dan keamanan infrastruktur ada di peringkat ke-12.

Seperti pada 2015, Singapura dan Osaka berada di urutan kedua dan ketiga secara keseluruhan, namun ada perubahan di tempat lain di 10 besar.

Stockholm, yang ada di posisi keempat pada 2015, tergelincir ke urutan kedelapan; Amsterdam jatuh satu tempat ke posisi keenam; Zurich jatuh dari posisi tujuh ke posisi 10; dan New York jatuh dari posisi 10 ke posisi 21.

Kenaikan peringkat terjadi pada Toronto (dari urutan kedelapan ke urutan keempat), Melbourne (kesembilan ke kelima), dan Hong Kong (peringkat 11 ke peringkat kesembilan).

London berada di posisi 20, dua tempat lebih rendah dari waktu lalu, sementara San Francisco dinobatkan sebagai kota teraman utama di AS, dengan berada di peringkat nomor 15.

Di ujung terbawah dalam urutan kota teraman ini adalah Karachi, dengan skor keseluruhan 38,77, diikuti oleh Yangon, Dhaka, Jakarta dan Ho Chi Minh City.