Find Us On Social Media :

Pelajaran untuk Penggemar Game: Sebelah Mata Wanita Ini Jadi Buta karena Bermain Video Game Tanpa Henti

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 7 Oktober 2017 | 14:30 WIB

Intisari-Online.com – Berita ini bisa menjadi pelajaran buat mereka yang gemar bermain video game lewat smartphone.

Bermain game tanpa henti ternyata bisa menyebabkan kebutaan pada mata.

Kasus ini dialami oleh seorang wanita yang hanya disebutkan sebagai Wu saja. Wanita berusia 21 tahun asal Dongguan, China, ini mengalami kebutaan pada mata kanannya.

(Baca juga: Benarkah Bermain Video Game Dapat Mempengaruhi Otak Kita?)

Ia tidak bisa melihat lewat mata kanannya. Usut punya usut, ternyata hal itu terjadi setelah ia bermain game King of Glory tanpa henti.

King of Glory adalah sebuah game yang populer di smartphone di China.

Rupanya pada 1 Oktober lalu, Wu bermain game itu tanpa henti. Tiba-tiba ia merasa mata kanannya tidak bisa melihat.

Ia menyangka hanya lelah saja dan ia pun tidur. Namun, keesokan harinya saat terbangun dari tidur, ia tetap buta pada mata kanannya.

Orangtuanya membawa Wu ke rumah sakit. Setelah diperiksa, ternyata Wu mengalami kondisi serius, yang dikenal sebagai gangguan arteri retina mata.

Biasanya gangguan arteri mata dialami oleh pasien lanjut usia. Namun, menurut dokter, mata Wu mengalami kelelahan luar biasa yang disebabkan tekanan terus menerus melihat ke layar kecil pada smartphone.

Wu mengakui bahwa ia menghabiskan waktu lebih banyak saat bermain dengan smartphone miliknya. Biasanya, sepulang kerja ia bermain game tanpa henti selama 7 atau 8 jam langsung.

(Baca juga: Wahai Wanita, Jangan Malu-malu Agar Dapat Mencapai Orgame )

Karena ia bekerja di bagian keuangan, sehari-harinya ia menghabiskan banyak waktu di kantor dengan melihat layar komputer. Pekerjaan itu saja sudah memberi banyak tekanan pada matanya.