Find Us On Social Media :

Duel Pistol di Zaman Cowboy Seolah Buktikan Bahwa Warga AS Terbiasa Selesaikan Masalah dengan Senjata

By Ade Sulaeman, Kamis, 5 Oktober 2017 | 19:00 WIB

Intisari-Online.com - Masyarakat AS ternyata biasa menyelesaikan masalah dengan mencabut senjata api dan mengakibatkan korban berjatuhan.

Warga yang sedang mengalami masalah pribadi kadang bahkan menembak membabi buta kepada orang-orang yang tidak bersalah demi melampaiskan kekesalannya.

Selama satu tahun rata-rata warga AS yang tewas karena pemakaian senjata api lebih 12.000 orang.

Dalam satu bulan rata-rata 50 wanita AS bahkan tewas karena ditembak oleh kekasihnya sendiri.

Kondisi runyam akibat bebasnya pemakaian senjata api di AS ini ternyata sudah berlangsung sejak zaman cowboy dan terus berlanjut hinggga saat ini.

Sejarah duel pistol dan senapan yang berkecamuk di O.K Corral tepatnya terjadi di kawasan Tombstone, Arizona, AS merupakan bentrok senjata ala cowboy yang sangat legendaris.

Tembak-menembak pada masa Wild West dan berlangsung pada bulan Oktober 1881 itu melibatkan dua kelompok yang berseteru.

Mereka terdiri dari penegak hukum dan kelompok bandit yang merupakan gabungan sejumlah peternak sapi serta cowboy.

Pemicu aksi tembak-menembak itu sendiri cukup kompleks bukan hanya sekedar karena pada masa itu setiap orang bisa secara leluasa menyandang pistol di pinggang.

Seperti pada masa kini, pemicu duel pistol, gunfight, diakibatkan oleh intrik politik, bisnis, dan faktor ideologi masing-masing kelompok.

Kelompok penegak hukum yang kala itu diwakili oleh lembaga keamanan kota, sheriff, terdiri dari Wyatt Earp, Morgan Earp, Virgil Earp, dan Doc Holliday.