Find Us On Social Media :

Tiga Menit Gerakan Ini Setara Olahraga 1,5 Jam di Pusat Kebugaran. Coba, Yuk!

By Agus Surono, Rabu, 27 September 2017 | 16:20 WIB

Intisari-Online.com - Serius? Bisa jadi itu pertanyaan yang terlontar dari mulut Anda.

Jika benar, maka kita bisa melupakan lari di treadmill selama berjam-jam. Yang kita butuhkan hanya 180 detik untuk memperbaiki kebugaran tubuh kita.

Itulah klaim seorang fisioterapis yang berbasis di Melbourne: latihan tiga menit yang intens sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat.

Kusal Goonewardena mengatakan kepada Daily Telegraph Australia bahwa berolahraga dengan intens untuk jangka waktu yang singkat akan memungkinkan kita untuk menuai keuntungan yang sama jika kita berolahraga moderat selama 30 menit di gym, seperti yang disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia untuk kita sehari-hari.

Fisioterapis profesional, yang secara teratur bekerja dengan Olimpiade Australia di University of Melbourne, menyarankan untuk melakukan olahraga lompat tali, lari cepat (sprint), atau lompat bintang (star jump) dengan intens (maksimal 85 persen dari tingkat kemampuan maksimum kita).

(Baca juga: Hati-Hati Cedera Saat Lari Bisa Terjadi karena 9 Kesalahan yang Terlihat Sepele Ini)

Teorinya adalah bahwa orang yang melakukan olahraga spesifik selama tiga minggu pada akhirnya akan merasa harus melakukannya dalam waktu yang lebih lama, dan kurang intens begitu tingkat kebugaran mereka meningkat.

Cara ini ditujukan pada mereka yang ingin bugar tapi mungkin tidak sempat punya waktu banyak untuk memeras keringat atau mengikuti kelas latihan selama satu jam di pusat kebugaran.

Rencana Kusal meniru gaya latihan umum yang dikenal dengan HIIT, yang merupakan singkatan dari latihan interval intensitas tinggi.

Gaya olahraga singkat dan cepat-menghentak ini sangat populer di kalangan selebriti, meski biasanya dilakukan sedikit lebih lama dari tiga menit.

Rutinitas HIIT yang khas akan terdiri atas latihan intensitas tinggi 20-40 detik, diikuti oleh periode istirahat singkat. Kemudian diulang 10 kali atau lebih.

Cara ini telah terbukti membantu menurunkan berat badan, mempercepat metabolisme tubuh, dan menjaga tubuh agar tetap membakar lemak hingga 24 jam setelah kita selesai latihan.

(Baca juga: Orang yang Sering Jalan Cepat Lebih Panjang Umur)

Ditambah lagi, sebuah penelitian tahun 2014 menemukan bahwa orang-orang yang melakukan HIIT cenderung menikmati latihan mereka dibandingkan dengan mereka yang melakukan latihan dengan intensitas rendah, seperti joging satu jam.

Jadi, siapkan tiga menit waktu Anda!