Find Us On Social Media :

Genjer, Lagunya Lekat dengan PKI, Sayurnya Kaya Manfaat

By Agus Surono, Selasa, 19 September 2017 | 20:20 WIB

Intisari-Online.com – Salah satu pemicu pengepungan LBH Jakarta pada Minggu (17/9/2017) hingga Senin esok harinya adalah tersiar kabar dinyanyikannya lagu Genjer-genjer di dalam gedung itu.

Padahal kabar itu adalah bohong. LBH menduga berita bohong soal nyanyian itu disebarkan terkait dengan acara seni AsikAsikAksi.

Dalam rilis bersama YLBHI-LBH Jakarta disebutkan, pihaknya menggelar acara seni itu yakni pembacaan puisi hingga membawakan lagu, dalam rangka keprihatinan atas pembubaran acara seminar sejarah Peristiwa 1965 pada Sabtu (16/9/2017).

Lagu Genjer-genjer memang identik dengan PKI. Padahal, menurut Asvi Warman Adam, Genjer-genjer adalah lagu rakyat Banyuwangi, yang terkenal sejak 1962 setelah diberi notasi musik oleh M Arief dan dilagukan Bing Slamet.

Sekitar 1965, lagu ini diaransemen untuk paduan suara oleh bagian kebudayaan CC PKI bersama lagu daerah lainnya.

(Baca juga: Isu PKI Akan Bangkit Tapi Tak Muncul-muncul Bak Hantu yang Takut Pada Kotak Pandora)

Sebenarnya oleh PKI bukan hanya lagu Genjer-genjer saja yang diubah aransemennya untuk paduan suara mereka, ada beberapa lagu lainnya. Tapi lagu Genjer-genjer yang malah lekat dengan PKI.

Dalam keseharian, genjer ini sering dibikin sayur oleh masyarakat kelas bawah. Termasuk gulma, genjer atau paku rawan (Limnocharis flava) banyak ditemui di sawah atau perairan dangkal. Genjer menjadi sayur alternatif jika sudah tidak ada sayuran lain yang bisa dimasak.

Namun saat ini, sayur genjer sudah menjadi favorit dari masyarakat Indonesia, terutama mereka yang seorang vegetarian. Daun genjer dapat dibeli di pasar-pasar tradisional, namun masih agak jarang ditemui di pasar modern, seperti pasar swalayan atau toko sayuran.

Yang biasa dimasak adalah daun genjer, biasanya dimasak sebagai tumisan, lalapan, sebagai campuran pada gado-gado atau pecel, atau dimanfaatkan sebagai pengganti manfaat kangkung.

Usut punya usut, ternyata sayur genjer ini memiliki kandungan gizi yang tidak kalah tinggi dengan jenis sayuran hijau lainnya.

1. Serat

Sudah merupakan takdir, apabila sayuran-sayuran hijau merupakan jenis bahan makanan yang mengandung serat tinggi. Begitu pula dengan sayur genjer. Sayur genjer memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh dalam sehari.