Find Us On Social Media :

Inilah Rahasia yang Bikin Sate Ayam Romli Empuk dan Enak, Sayang Bila Melewatkan Kuliner Jakarta yang Terletak di Kebayoran Baru Itu!

By Moh Habib Asyhad, Senin, 24 Juli 2017 | 14:30 WIB

Sate ayam H. Romli

Intisari-Online.com – Banyak sate enak di Jakarta, tapi mungkin belum banyak sate enak yang kondang seperti sate ayam di depan RS Pusat Pertamina, di Jln. Kyai Maja, Kebayoran Baru.

Di warungnya, tertulis Sate H. Romli, tapi di kalangan pelanggannya, warung ini lebih dikenal sebagai sate pertamina atau sate RSPP.

Di warung sate yang telah berusia lebih dari 28 tahun ini kita bisa menikmati sate ayam yang rasanya betul-betul nyam-nyam. Baru menghirup asapnya saja sudah terasa enaknya.

(Baca juga: Seperti Apa Rumah Makan Padang di Kampung Asalnya?)

Pembeli yang baru pertama datang mungkin akan heran, di sini tidak ada meja. Yang ada hanya tempat duduk di sisi-sisi pinggir warung yang hanya bisa menampung sekitar sepuluh orang.

Karena terbatasnya tempat duduk, sebagian pembeli memesan sate dari dalam mobil, lalu menikmatinya di atas kursi mobil. Sebagian lagi minta dibungkus, dibawa pulang.

Meskipun warungnya sederhana, jangan tanya soal jumlah pelanggan. Sebagai gambaran, warung ini punya dua tungku pembakaran.

Satu tungku muat untuk sekitar seratus tusuk. Pada saat jam ramai seperti jam makan siang, dua tungku ini tak henti mengepulkan asap. Pada jam sepi, satu tungku selalu penuh.

Karena begitu banyaknya pembeli, warung ini menerapkan sistem stok. Caranya, sate dibakar sampai setengah matang lalu disimpan di dalam ember.  Jumlahnya ratusan tusuk.

(Baca juga: Di Sate Bali Resto, Tum Tidak Terbuat dari Daging Babi, Seperti Apa Rasanya?)

Begitu pembeli datang, sate setengah matang ini tinggal dibakar sebentar sementara peracik bumbu langsung mencampur bumbu kacang, kecap, dan jeruk nipis di piring.

Dengan cara seperti ini, pembeli tak perlu berlama-lama menelan ludah.