Find Us On Social Media :

Mitologi Venus dan Mars; Luar Biasa dalam Kekuatan di Antara Planet-planet, Namun Cinta Mengalahkan Segalanya

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 10 Februari 2021 | 13:00 WIB

Venus dan Mars, oleh Sandro Botticelli, c.1485, Galeri Nasional, London

Intisari-Online.com – Lukisan ‘Cinta Menaklukkan Segalanya’, dalam mahakarya mitologi yang sensual dari Botticelli.

Sir William Boxall, Direktur Galeri Nasional di London, didampingi oleh Menteri Keuangan, Benjamin Disraeli, pergi ke sebuah penjualan di rumah lelang Christie pada bulan Juni 1874.

Koleksi dari dealer Alexander Barker siap untuk dijual dan Disraeli ingin mengamankan beberapa pekerjaan untuk bangsa.

Pada periode pertengahan Victoria, Pelukis tua sangat diremehkan, meskipun reputasi Sandro Botticelli, pelukis Florentine awal Renaiisance, mulai naik berkat penemuan kembali oleh pra-Raphaelites.

Baca Juga: Rumitnya Asal Usul Semar, Karakter Tertua dalam Mitologi Indonesia: dari Cucu Nabi Adam Hingga Prajurit yang Lahir dari Telur Dewa

Lukisan Venus dan Mars karya Botticelli membebani negara £ 1.050, sebagian kecil dari harga yang dibayarkan pada saat itu untuk karya seniman kontemporer.

Begini kisah mitologi Yunani tentang Venus dan Mars.

Sangat mungkin bila Venus dan Mars ditugaskan untuk sebuah pernikahan.

Tawon yang berdengung di sekitar kepala Mars menunjukkan bahwa itu mungkin dilukis untuk anggota keluarga yang dia kenal, Vespucci; nama mereka diterjemahkan sebagai 'tawon kecil'.

Baca Juga: Selama Ini Dikira Hanya Makhluk Mitologi Semata, Monster Godzilla Ternyata Lahir Ketika Ledakan Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki, Bagaimana Ceritanya?