Harga BBM Naik, Ratusan Warga Meksiko Menjarah Minimarket

  • Senin, 9 Januari 2017 19:41 WIB

Demo BBM naik di Meksiko | Reuters

Intisari-Online.com - Harga BBM Naik Ratusan Warga Meksiko Menjarah MinimarketPer 1 Januari 2017 lalu, harga BBM naik 14 – 20% di Meksiko. Menyikapi persoalan ini, ribuan orang melakukan aksi demonstrasi di jalan-jalan di Mexico City. Tak hanya itu, sehari sebelumnya, ratusan toko dikabarkan menjadi korban aksi penjarahan beberapa oknum.

Demonstrasi ini dilakukan pada Sabtu (7/1) waktu setempat setelah sempat ricuh sehari sebelumnya. Untuk diketahui, Pemerintah Meksiko menaikkan harga bensin sebesar 14%-20% dari harga semula. Ini merupakan bagian dari liberalisasi harga, atau dilepas mengikuti harga pasar.

Presiden Enrique Pena Nieto berjanji akan mengimplementasikan liberalisasi harga mulai tahun 2017.

“Tapi tidak untuk kenaikan harga BBM. Pena, out!” protes para demonstran yang bergerak dari pusat Kota Meksiko ke kediaman presiden, dilaporkan Tribunnew.com.

Meski tak ada laporan demonstrasi Sabtu berlangsung ricuh, tapi ketegangan masih meliputi Meksiko. Sampai hari Jumat, sudah 1.500 orang ditahan selama demonstrasi berlangsung. Asosiasi retail Meksiko ANTAD mengatakan, pada Jumat ada 423 toko yang dijarah. Separuhnya ada di tengah kota.

mexico-looting1

 

mexico-looting2

 

mexico-looting3

Tak hanya di ibu kota, menurut media setempat, demonstrasi juga terjadi di Sonora, Chiapas, Guerrero, Jalisco, Tabasco, dan Puebla.

Sumber : []

Reporter : Moh. Habib Asyhad
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×