Advertorial

Ingin Buktikan Tanjakan Kali Kenteng Aman Dilalui, Kakorlantas Polri Gunakan Sepeda Lipat untuk Melaluinya

Ade Sulaeman

Editor

Guna buktikan bahwa tanjakan ini layak dilewati, Kakorlantas mengendarai sepeda lipat kecil melintasi tanjakan ini.
Guna buktikan bahwa tanjakan ini layak dilewati, Kakorlantas mengendarai sepeda lipat kecil melintasi tanjakan ini.

Intisari-Online.com -Viral sebuah city car melorot dan diselamatkan petugas di tanjakan Jembatan Kali Kenteng di ruas tol fungsional Salatiga-Surakarta beberapa waktu lalu, dikhawatirkan membuat masyarakat salah persepsi bahwa tanjakan tersebut tak layak dilewati.

Apalagi ada pula pesan berantai yang menyebutkan bahwa kemiriringan tanjakan Kali Kenteng ini mencapai 50 derajat.

Tak ingin kekeliruan ini berlanjut, Selasa (12/6/2018) sore, Kakorkantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengunjungi tanjakan jembatan Kali Kenteng, Susukan, Kabupaten Semarang.

Guna membuktikan bahwa tanjakan ini layak dilewati dan tidak securam yang dikabarkan di media sosial, Kakorlantas mengendarai sepeda lipat kecil melintasi tanjakan ini.

Baca juga:Orang Yahudi Terkenal Cerdas, Ketahuilah 7 Faktor Penyebabnya Ini

Ternyata, meski hanya menggunakan sepeda kecil, Kakorlantas sukses menaklukkan tanjakan ini.

Menurut Royke, jika sepeda lipat saja sanggup melewati tanjakan Kali Kenteng, seharusnya mobil dengan kondisi normal lebih mudah melewati tanjakan ini.

"Ini tanjakan grade sepuluh, tapi menggunakan sepeda kecil, itu memang lebih berat dari sepeda besar. Artinya begini, sepeda kecil saja bisa lewat, apalagi mobil ya," kata Royke.

"(Jadi) tidak benar kalau tanjakan itu sulit dilewati mobil, karena sepeda saja bisa lewat," imbuhnya.

Baca juga:Berasal dari 12 Putra Yakub, ke Mana Perginya 10 Suku Israel yang Hilang?

Sementara itu Manajer Administrasi PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), Fatahillah mengatakan, secara teknis tanjakan Kali Kenteng sebenarnya sudah dikaji secara teknis dan dinyatakan layak.

Banyaknya mobil yang melorot, sehingga perlu bantuan petugas untuk mengganjal atau mendorongnya, lebih karena faktor skill pengemudinya.

Selain itu, biasanya mobil tersebut sarat muatan sehingga kesulitan saat menanjak.

"Kemarin saya lihat itu rata-rata kesalahan di teknik mengemudi. Misalnya matik, harusnya dia kan sudah main di D dua dan l, terus kalau yang manual itu pakai gigi dua, telat oper. Karena ketinggiannya cuma sepuluh persen sampai dua puluh persen, kalau diderajatin itu sekitar dua puluh derajat," kata Fatahillah.

Baca juga:Sama-sama Pasukan Elite, Pasukan Khusus Pengawal Kim Jong Un dan Paspampres RI Ternyata Punya Banyak Kemiripan

Mobil baru bukan jaminan kuat melewati tanjakan Jembatan Kenteng ini.

Kuncinya adalah mengikuti instruksi petugas untuk gas poll dan menambah kecepatan dari bawah.

Selain itu pengemudi juga diimbau untuk menjaga jarak saat melewati tanjakan Kali Kenteng.

Kasat Lantas Polres Semarang AKP Shandi Wiedyanoe mengatakan, tanjakan di ruas darurat Jembatan Kenteng ini tidak sampai 10 persen dari rataan jalan, artinya tanjakannya hanya 20 hingga 25 persen saja.

"Mobil jenis sedan tetap bisa menanjak dengan syarat menggunakan presneling gigi satu,” tuntasnya. (Syahrul Munir)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bantah Hoaks, Kakorlantas Polri Taklukkan Tanjakan Kali Kenteng dengan Sepeda Lipat".

Baca juga:Catat! Inilah Waktu-waktu Terlarang untuk Minum Air Putih, Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Artikel Terkait