Advertorial

RIP Yahoo Messenger, Pesan Instan Ini Akan Dimatikan pada 17 Juli 2018

intisari-online
,
Yoyok Prima Maulana

Tim Redaksi

Kali ini kabar duka datang dari Yahoo. Pada 17 Juli 2018, Yaho resmi mematikan layanan pesan instan Yahoo Messenger.
Kali ini kabar duka datang dari Yahoo. Pada 17 Juli 2018, Yaho resmi mematikan layanan pesan instan Yahoo Messenger.

Intisari-online.com - Tak ada yang abadi. Apalagi di zaman digital yang berlari kencang.

Kali ini kabar duka datang dari Yahoo. Pada 17 Juli 2018, Yaho resmi mematikan layanan pesan instan Yahoo Messenger.

Putusan mengejutkan ini diumumkan oleh Oath Inc. selaku perusahaan yang memayungi Google.

Lebih lanjut, mereka sepertinya sedang menyiapkan aplikasi sejenis sebagai pengganti.

BACA JUGA:Enggak Perlu Repot Ngetik di WhatsApp Cukup Ngomong Tulisan Akan Terketik Sendiri, Begini Caranya!

"Kami masih melanjutkan eksperimen dengan layanan dan aplikasi terbaru, salah satunya adalah aplikasi pesan instan grup undangan yang disebut Yahoo Squirrel," tulis Yahoo.

Squirrel merupakan aplikasi pesan instan namun pemakai hanya bisa masuk ke chatroom/grup via undangan.

Saat ini squirrel masih berformat beta dan baru diujicoba bulan lalu.

Yahoo memang tidak pernah membeberkan jumlah pengguna aktifnya. Secara teori, setiap pengguna yang mengakses layanan Yahoo akan log-in ke Yahoo Messenger.

BACA JUGA:Viral! Ketagihan Game Mobile Legends, Wanita Ini Harus Terkapar di Rumah Sakit dalam Kondisi Mengerikan

Jika dikalkulasi secara akumulatif selama 20 tahun terakhir, pihak Yahoo mengklaim ada ratusan juta orang yang menggunakan layanan Yahoo.

Walau ditutup, akun Yahoo pengguna akan tetap ada dan bisa digunakan untuk mengakses layanan lain seperti Yahoo Mail.

Tidak dijabarkan secara jelas alasan utama penutupan Yahoo Messenger.

Kemungkinan dominasi aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat, dan Snapchat menjadi salah satu alasannya.

Yahoo Messenger sendiri pertama kali rilis pada 1998.

Kala itu, layanan pesan instan hanya tersedia di desktop, sebagai alternatif e-mail dan SMS.

Inovasi Yahoo itu sangat brilian pada masanya. Sayang mereka kalah cepat dan agresif ketika sebagian besar audiens berpindah ke platform mobile.

BACA JUGA:Tanda-tanda Pasangan Hanya Memanfaatkan Anda, Salah Satunya Mungkin Sedang Anda Rasakan

Artikel Terkait