Intisari-Online.com- Tingginya pengguna email mobile sejak tahun 2015, diprediksi akan semakin meningkat. Apalagi rata-rata usia pengguna email mobile adalah remaja usia 14 sampai 18 tahun. Menurut Litmus and MailChimp, desain email mobile sangat responsif di ponsel.
Tapi yang kita tahu, ada beberapa jenis ponsel favorit di dunia. Mereka adalah Android dan Apple. Litmus and MaiChimp pun menggadakan penelitian terkait platform apa yang paling sering digunakan untuk membuka email mobile.
(Baca juga: Penggunaan Email Dari Tahun 2011 sampai 2016: Semakin Jarang Orang yang Membuka Email Lewat PC)
Penelitian ini diberi nama Science of Email Clicks: The Impact of Responsive Design & Inbox Testing. Berikut hasil datanya.
iPhone dari Apple adalah platform yang paling populer bagi pengguna yang menggunakan email mobile. Hampir 60 persen angkanya diikuti oleh Apple iPad dengan 21 persen, dan terakhir Android dengan 18 persen.
Lalu, Movable Ink melaporkan data mengenai berapa lama pengguna menggunakan email mobile. Data ini diambil bagi mereka yang menggunakan platform Android, Android Tablet, iPhone, dan iPad. Lama waktu ada tiga bagian, pertama 0-3 detik, 3-15 detik, dan di atas 15 detik.
(Baca juga: Tips Jitu Mengirim Lamaran Kerja Via Email)
Android:
0-3 detik = 19,90 persen
3-15 detik = 27,11 persen
Di atas 15 detik = 52,99 persen
Android tablet
0-3 detik = 32,23 persen
3-15 detik = 28,50 persen
Di atas 15 detik = 39,27 persen
iPhone
0-3 detik = 39,87 persen
3-15 detik = 23,19 persen
Di atas 15 detik = 36,99 persen
iPad
0-3 detik = 43,28 persen
3-15 detik = 29,21 persen
Di atas 15 detik = 27,56 persen
Dari data didapatkan jika rata-rata pengguna Android dan Android tablet membuka email mobile di atas 15 detik lamanya. Sementara pengguna iPad rata-rata hanya membuka maksimal 3 detik saja. Pengguna iPhone relatif seimbang dalam waktu membuka email mobil. Ada yang singkat ada juga yang lama.