Intisari-Online.com - Bagi Anda suka berpergian jauh dengan menggunakan mobil, mengemudi bisa jadi hal menyenangkan tapi juga melelahkan. Alih-alih menikmati perjalanan, Anda justru harus konsentrasi penuh di belakang setir. Kondisi ini tentunya membuat fisik dan mental jadi lelah. Alhasil, setibanya di tempat tujuan Anda hanya bisa terbaring kelelahan akibat mengemudi terlalu lama.
Bagaimana bila di masa depan Anda tak perlu lagi memegang setir mobil? Cukup berkendara di belakang sebuah truk yang berfungsi layaknya lokomotif, dan Anda bisa menikmati perjalanan tanpa harus memegang setir lagi. Mimpi? Tidak lagi! Terima kasih kepada Volvo dan enam partner di Eropa yang berhasil mewujudkan mimpi hal ini. Melalui proyekSafe Road Trains for the Environment (SARTRE) Volvo memperkenalkan sistem yang memampukan sebuah mobil bersinkronisasi dengan truk yang dinamakan Road Trains.
Untuk mengaplikasikan sistem SARTRE di lapangan, mobil hanya perlu ditempatkan di belakang Road Trains atau mobil yang juga mengikuti Road Trains tersebut. Saat posisi mobil sudah berada di belakang barisan, pengemudi cukup mengaktifkan platooning system yang akan memberi sinyal kepada Road Trains di depan. Bila sang pengemudi Road Trains menerima, maka mobil akan memasuki moda otomatis dan berjalan mengikuti Road Trains hingga tujuan yang telah ditentukan.
Jangan membayangkan teknologi yang rumit-rumit, sebab semua teknologi untuk menjalankan sistem platooning ini sudah tersedia di pasaran. Teknologi radar dan laser untuk keamanan, adaptive cruise control, lane keeping aid, blind spot information, dan part assist pilot. Semuanya sudah ada, dan menunggu untuk diadaptasi agar bisa digunakan dalam sistem ini.
Selain adaptasi, ada dua modifikasi kecil yang juga akan dilakukan oleh Volvo. Yang pertama adalah tata muka di setiap mobil. Tata muka seperti layar navigasi yang dilengkapi GPS yang menunjukkan posisi kendaraan dan Road Trains wajib tersedia di tiap mobil. Yang kedua, sistem komunikasi antarkendaraan. Sistem komunikasi ini memungkinkan agar tiap mobil dapat melaju secara sejajar dalam jarak aman. Semua modifikasi ini sudah dikembangkan Volvo sampai pada tahap pembuatan prototipe. Artinya, tak lama lagi.
Selain memudahkan dan memberikan kenyamanan, sistem platooning Road Trains dapat menghemat bahan bakar hingga 20%. Penghematan biaya bahan bakar ini dapat digunakan untuk membayar biaya penggunaan Road Trains. Sistem Road Trains ini juga dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan kemacetan karena kecepatannya yang stabil dan sistem keamanannya yang mumpuni..
Proyek SARTRE sudah memasuki tes final dan hasilnya menunjukkan, sistem platooning dapat diintegrasikan dengan para pengemudi konvensional di jalan besar. Hanya saja, sistem ini masih harus melalui berbagai tes sebelum dapat diluncurkan ke publik. Volvo sendiri sedang mengadakan uji coba agar teknologi yang mereka gunakan dapat mengatasi keadaan darurat seperti rem mendadak.
Hmm, menurut Anda bisakah sistem ini diterapkan di Indonesia?
Video soal SATRE bisa diklik di sini.